Cuci Muka Dulu atau Maskeran Dulu? Ini Urutan Maskeran yang Benar

Belum pernah memakai masker? Atau sudah pakai tapi hasil belum maksimal? Mungkin anda melakukan cara pemakaian yang salah. Memang terdengar sederhana untuk mengaplikasikannya tetapi ada beberapa hal yang masih salah dilakukan para wanita saat memakai masker seperti menggunakan masker tanpa cuci muka.

Dengan begitu, masker tidak dapat bekerja secara optimal dan penggunaannya pun menjadi sia-sia. Sheet mask sudah menjadi salah satu skin care rutin untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Jenis skin care ini disukai banyak orang karena praktis dan mudah digunakan. Agar masker memberikan hasil optimal, anda perlu melakukan beberapa hal di bawah ini.

Cuci Muka Dulu atau Maskeran Dulu? Ini Urutan Maskeran yang Benar


Urutan Memakai Masker yang Tepat dan Benar


1. Pilih Sesuai Kebutuhan

Sebelum memakai, anda perlu memilih jenis masker terlebih dahulu agar hasilnya optimal. Anda perlu memilih masker sesuai jenis kulit seperti kulit kering dan kusam cocok memakai masker brightening dan glowing. Perhatikan juga nutrisi dari masker seperti essence untuk melembabkan, menghaluskan dan mencerahkan.

Anda juga perlu memastikan bahwa masker telah mengandung bahan-bahan alami yang dipercaya secara turun temurun dalam menyehatkan sekaligus mencerahkan kulit wajah seperti ekstrak bengkoang. Pastikan bahwa masker telah teruji secara dermatologi agar terhindar dari masalah kulit dan perawatan sehingga produk aman digunakan.


2. Pakai Facial Wash

Sama halnya urutan skin care lain, pemakaian masker perlu diawali dengan membersihkan wajah terlebih dahulu untuk mengangkat sisa makeup, debu dan kotoran yang menempel pada wajah. Penggunaan sheet mask yang belum dibersihkan membuat essence serta sheet mask tidak diserap oleh kulit secara sempurna. Sehingga, hal ini menyumbat pori-pori wajah dan berjerawat.

Anda perlu memakai produk pembersih wajah yang sesuai jenis kulit. Usahakan membersihnya dengan lembut dan merata. Jangan lupa area-area tersembunyi seperti sela-sela hidung, dagu, dan dahi yang mudah kotor. Akan lebih baik lagi jika melakukan eksfoliasi dengan scrub wajah 2-3 kali sehari.


3. Jangan Diamkan Terlalu Lama

Setelah wajah bersih, anda bisa menunggu wajah untuk kering. Lalu, pakai sheet mask pada wajah. Perlu dicatat bahwa penggunaan sheet mask terlalu lama tidak akan memberikan hasil yang lebih baik. Bahkan, hal tersebut dapat menyerap kelembaban kulit dan membuat kulit menjadi kering. Adapun waktu normal melepaskan sheet mask yakni sekitar 15 menit.


4. Jangan Bilas

Kebanyakan orang yang sudah memakai sheet mask langsung membalasnya karena ada rasa lengket di kulit. Meski begitu, anda tidak boleh membilas wajah setelahnya agar manfaat essence tidak hilang. Untuk mengatasinya, anda perlu menepuk-nepuk pelan kulit wajah agar sisa essence terserap maksimal.

Cuci Muka Dulu atau Maskeran Dulu? Ini Urutan Maskeran yang Benar


5. Pakai Pelembab

Dalam memakai masker, anda perlu memakai pelembab setelahnya meski kulit wajah sudah terasa lembut. Pelembab mendukung penguncian nutrisi serta kelembaban yang terserap kulit wajah. Pilihlah pelembab bertekstur ringan agar menyerap dengan cepat serta kulit tidak terasa berat.


6. Pakai Secara Rutin

Dalam menjaga konsistensi hasil masker, gunakan masker secara teratur. Sebab, mikser akan memberikan hasil yang optimal jika dipakai secara rutin. Oleh sebab itu, tentukan jadwal rutin memakai masker sesuai kebutuhan kulit. Perhatikan petunjuk pemakaian pada kemasan masker yang hendak digunakan.

Demikian penjelasan mengenai bagaimana urutan penggunaan masker yang benar. Selain memenuhi lifestyle, anda juga perlu memperbaiki kesalahan skin care yang biasa dilakukan. Dapat disimpulkan bahwa anda perlu mencuci muka terlebih dahulu sebelum memakai masker. Sebaiknya jangan membilas essence pada wajah setelah maskeran agar terserap baik oleh kulit.


baca juga: 7 Kombinasi Warna Atasan yang Cocok dengan Celana Navy, Cek di Sini!

Tidak ada komentar