Ciri Skincare Tidak Cocok untuk Kulit Kamu


Merawat kulit wajah maupun badan memang menjadi suatu hal yang wajib dilakukan oleh setiap orang baik laki-laki maupun perempuan. Namun untuk bisa menemukan skincare yang cocok tentu membutuhkan waktu dan perjuangan. Mengenali ciri skincare tidak cocok untuk kulit wajah Kamu menjadi hal pertama yang perlu dipelajari dan dipahami.

Setiap skincare tentunya memiliki kandungan-kandungan tertentu yang tidak mungkin cocok di semua jenis kulit. Jika kulit tidak cocok dengan produk yang digunakan, biasanya akan menunjukkan sebuah tanda-tanda kerusakan seperti jerawat, kemerahan di wajah dan sebagainya. Berikut adalah beberapa tanda-tanda skincare yang tidak cocok di Kulitmu!

Ciri Skincare Tidak Cocok untuk Kulit Kamu
Mengenal Ciri-Ciri Skincare yang Tidak Cocok di Kulit


1. Muncul Ruam Kemerahan

Perlu diketahui bahwa ruam kemerahan yang muncul pada kulit wajahmu bisa menjadi salah satu ciri skincare tidak cocok untuk kulit kamu. Ruam merah ini biasanya muncul dalam bentuk bercak merah dan membuat kulit terasa seperti terbakar. Apabila penggunaan skincare membuat wajah mengalami tingling sensation maka perlu dihentikan dengan segera.

Kemerahan yang muncul pada wajah ini dapat menunjukkan bahwa kulit sedang meradang dan sensitif terhadap bahan-bahan tertentu. Ada beberapa produk skincare yang mengandung alkohol dan sering kali membuat wajah menjadi ruam. Bagi Kamu yang memiliki kulit sensitif, maka perlu berhati-hati dalam menentukan pilihan skincare.


2. Kulit Kering dan Mengelupas

Ciri berikutnya dari penggunaan skincare yang kurang tepat yaitu akan memberikan efek kulit kering dan juga mengelupas. Jika kulit wajah mengeluarkan reaksi ini, maka Kamu perlu menghentikan penggunaan skincare yang baru saja di coba. Kulit yang mengelupas dan kering ini memang menjadi salah satu indikasi terjadinya ketidakcocokan pada produk.

Efek ini menunjukkan bahwa kulit mengalami iritasi dan harus segera mendapatkan penanganan dengan cepat dan tepat. Ciri skincare tidak cocok untuk kulit Kamu ini akan membuat wajah seperti tertarik ketika menggunakan skincare. Kulit kering ini dapat terjadi karena kulit dehidrasi akibat bahan kandungan yang ada pada skincare wajah maupun badan.


3. Kulit Berminyak dan Bertekstur

Jenis tanda berikutnya yang muncul pada wajah yaitu kulit menjadi lebih berminyak. Hal tersebut dapat terjadi karena adanya bahan-bahan yang terlalu berat sehingga meningkatkan produksi minyak wajah. Beberapa jenis kandungan yang bisa meningkatkan produksi minyak diwajah diantaranya yaitu paranem, minyak argan, dan alkohol.

Selain berminyak, kulit wajah juga akan lebih bertekstur ketika menggunakan skincare baru yang tidak cocok. Tekstur wajah yang tidak rata bisa diartikan sebagai reaksi dari bahan kandungan skincare. Perubahan yang terjadi pada tekstur wajah ini biasanya dapat terjadi karena adanya indikasi kurang lembabnya kulit. Apakah Kamu mengalami hal yang satu ini ketika mencoba jenis skincare baru?

4. Jerawat Breakout

Ciri skincare tidak cocok untuk kulit Kamu yang terakhir yaitu munculnya jerawat breakout secara tiba-tiba. Beberapa skincare memang mengandung bahan keras atau bahan bersifat comedogenic sehingga memicu munculnya jerawat. Jenis bahan yang mengandung comedogenic dan mampu memperburuk kondisi jerawat ini diantaranya seperti shea butter dan minyak kelapa. 

Ciri Skincare Tidak Cocok untuk Kulit Kamu


4 tanda yang disebutkan diatas merupakan ciri yang akan keluar ketika Kamu tidak cocok menggunakan skincare tertentu. Reaksi tersebut terjadi biasanya karena ada beberapa jenis kandungan yang tidak sesuai dengan kulit. Ketika mengalami reaksi diatas, maka hentikan penggunaan skincare baru tersebut untuk meredakan reaksi negatif yang muncul pada wajah. Pastikan Kamu selalu berhati-hati dalam menentukan pilihan skincare yang digunakan.


baca juga: Manfaat Timun untuk Dijadikan Masker Wajah

Tidak ada komentar