Retinol Tidak Boleh Dicampur dengan Apa Saja? Cek Di Sini!

Skincare memang dapat memberikan banyak manfaat pada kulit wajah seperti wajah yang cerah, sehat dan mulus. Akan tetapi, jika dilakukan dengan sembarangan, kulit akan rusak karena bahan aktif di dalamnya tidak bekerja dengan optimal. Sangat penting untuk mempelajari kandungan skincare yang tidak boleh digabungkan dengan bahan lain secara bersamaan.

Sebab, hal tersebut menyebabkan iritasi selama beberapa hari hingga luka bakar. Tentunya, akan berdampak buruk pada penampilan dan lifestyle sehingga menurunkan tingkat percaya diri. Adapun beberapa kandungan skincare yang tidak dianjurkan untuk dipakai secara bersamaan dengan retinol seperti berikut.

Retinol Tidak Boleh Dicampur dengan Apa Saja? Cek Di Sini!


Daftar Bahan Aktif yang Tidak Boleh Dipakai dengan Retinol


1. AHA

AHA atau asam alfa hidroksi sering direkomendasikan ahli untuk perawatan anti-aging karena mempercepat pergantian sel kulit sekaligus meningkatkan produksi kolagen. Kulit pun tampak lebih bercahaya dan bebas dari kerutan. Akan tetapi, sangat disarankan untuk menghindari kombinasi keduanya karena beresiko iritasi dan pelupasan pada kulit luar.


2. Vitamin C

Perlu diketahui bahwa vitamin C ialah salah satu bahan yang sulit diformulasikan karena paling efektif dalam lingkungan pH asam. Sedangkan retinol bekerja pada pH yang lebih basa atau tinggi. Keduanya tidak dapat digunakan bersamaan karena tidak bekerja secara maksimal. Sebaiknya aplikasikan retinol dan vitamin C di waktu yang berbeda.


3. Asam Salisilat

Retinol memang dapat mengurangi garis-garis halus serta kerutan. Asam salisilat juga dapat melawan jerawat dengan baik dan meningkatkan pergantian sel kulit. Akan tetapi, keduanya tidak boleh digunakan secara bersamaan karena memicu iritasi pada kulit dan kulit menjadi terlalu kering.


4. Benzoyl Peroxide

Benzoyl Peroxide dapat bereaksi negatif jika bertemu dengan benzoyl peroxide sehingga membuat kulit kering, mengelupas dan terbakar. Jika butuh keduanya, sebaiknya memakainya pada waktu yang berbeda seperti benzoyl peroxide di pagi hari dan retinol di malam hari.


5. Salicylic Acid

Kandungan bahan yang tidak boleh dicampurkan dengan retinol yakni salicylic acid. Bahan ini bekerja dengan cara eksfoliasi dan sangat berbahaya jika dicampurkan dengan retinol. Sangat disarankan untuk memilih produk dengan kandungan salicylic acid yang rendah. Pakai retinol secara bergantian.


6. SPF

Tidak dianjurkan untuk memakai sunblock dan retinol secara bersamaan. Kandungan SPF sangatlah bagus untuk mencegah kanker kulit serta paparan sinar UV tetapi tidak disarankan untuk dicampur dengan retinol. Sebab, kulit menjadi sensitif akan sinar matahari sehingga menimbulkan iritasi.


7. Asam Glikolat

Seperti yang diketahui bahwa asam glikolat mengangkat sel kulit mati dari permukaan kulit sedangkan retinol mengurangi jerawat. Akan tetapi penggunaan kedua produk secara bersamaan membuat iritasi kulit yang ditandai dengan kemerahan dan kulit kering. Sebaiknya menggunakan keduanya secara bergantian seperti asam glikolat pada pagi hari dan retinol pada malam hari.

Retinol Tidak Boleh Dicampur dengan Apa Saja? Cek Di Sini!


8. Zat Aktif yang Sama

Mungkin anda berpikir bahwa dua produk skincare dengan zat aktif yang sama memberikan hasil yang lebih optimal. Padahal, hal ini tidaklah benar karena menimbulkan iritasi pada kulit. Contohnya, menggunakan dua produk dengan kandungan retinol secara bersamaan. Selain itu, hal tersebut dapat mengganggu barier kulit karena kedua bahannya bekerja di waktu yang sama.

Demikian penjelasan mengenai deretan kandungan bahan pada skincare yang tidak disarankan untuk diaplikasikan dengan retinol. Hindari beberapa bahan di atas dengan memilih produk skincare dengan cermat sebelum dikombinasi. Dengan begitu, anda terhindar dari efek samping seperti iritasi, skin barrier rusak dan alergi.

Tidak ada komentar