Kandungan Skincare yang Boleh Dipakai Bersamaan untuk Hasil Optimal

Untuk memperoleh hasil yang optimal dari penggunaan skincare, anda bisa memadukannya dengan yang lain. Namun, tidak semua kandungan cocok dipadukan karena bisa membuat kulit wajah kewalahan akan banyaknya bahan aktif yang terkandung di dalamnya. Anda perlu mempelajari apa saja kandungan skincare yang boleh dipakai bersamaan dan yang tidak.

Kandungan bahannya efektif merawat kulit wajah dengan baik dan tidak bisa dipakai sembarangan. Bahan aktif yang boleh dipakai secara bersamaan karena saling mendukung dalam mengatasi masalah kulit wajah. Simak apa saja kandungan bahan aktif yang bagus digunakan bersamaan di bawah ini.

Kandungan Skincare yang Boleh Dipakai Bersamaan untuk Hasil Optimal


Kombinasi Kandungan Skincare yang Boleh Dipakai Bersama


1. Vitamin C dan Vitamin E

Kedua vitamin C dan E ialah antioksidan sehingga ampuh melindungi sel kulit wajah serta efek buruk aggressor lingkungan seperti paparan sinar UV, asap rokok dan polusi. Vitamin juga biasa digunakan sebagai perawatan anti aging sehingga manfaatnya akan berlipat ganda saat dipakai bersamaan.


2. Vitamin C dan Niacinamide

Niacinamide dan vitamin C juga dapat memberikan banyak manfaat bagi kulit wajah karena efektif mencerahkan kulit serta mengatasi flek hitam. Anda bisa memakainya secara bersamaan untuk hasil yang lebih maksimal. Namun, pemilik kulit sensitif harus berhati-hati akan efek iritasi.


3. Vitamin C dan Ferulic Acid

Vitamin V juga bisa dipadukan dengan asam ferulat pada skincare. Zat asam ini mampu menjaga struktur kimia vit C, seperti asam L-Askorbat sehingga efektif diserap kulit. Jika dipadukan, kerusakan kulit akibat sinar UV dapat teratasi dengan baik dan mengurangi resiko adanya kanker kulit.


4. Ferulic Acid, Vitamin C dan E 

Ketiga kandungan skincare ini sempurna dipakai bersamaan dengan berlapis-lapis untuk mendukung kulit wajah agar menjadi lebih maksimal. Kulit pun memperoleh asupan antioksidan ganda sehingga tidak mudah merusak paparan sinar UV serta radikal bebas lainnya. Ferulic acid dengan sifat anti-aging pun dapat memperlambat gejala penuaan.


5. Hyaluronic Acid dan Niacinamide

Kombinasi Niacinamide dan Hyaluronic Acid sering dikombinasikan pada produk skincare karena mampu menghaluskan pori-pori sehingga tampak samar. Kedua bahannya juga mampu meningkatkan warna kulit semakin rata, mengembalikan kelembaban dan memperbaiki kulit yang rusak.


6. Hyaluronic Acid dan Retinol

Anda bisa memakai hyaluronic acid dan retinol secara bersamaan pada malam hari. Hyaluronic acid dapat memperlambat penguapan air dari kulit serta memberikan efek menenangkan dalam menangkal efek iritasi dari retinol. Aplikasikan 1 tetes retinol pada kulit setelah memakai toner dan essence.


7. Retinol dan Hyaluronic Acid

Jika ingin mengurangi sebum atau minyak, pakai hyaluronic acid dan retinol secara bersamaan. Kulit menjadi lembab dan bebas dari reaksi iritasi akibat penggunaan retinol. Bahan-bahan tersebut biasanya dapat dijumpai pada serum khusus kulit berminyak dan berjerawat.

Kandungan Skincare yang Boleh Dipakai Bersamaan untuk Hasil Optimal


8. AHA dan BHA

AHA serta BHA merupakan asam hidroksi yang dapat digunakan pada semua jenis kulit. Keduanya mampu mengatasi warna kulit tidak rata, kusam dan jerawat. Campuran skincarenya bersifat eksfoliasi serta bisa digunakan selang-seling untuk mencegah iritasi. Agar lembab, aplikasikan ceramide atau hyaluronic acid.

Ada beberapa kandungan skincare yang boleh digunakan secara bersamaan agar bekerja dengan lebih optimal dan maksimal. Anda bisa menentukan kebutuhan, lifestyle dan tipe kulit wajah terlebih dahulu agar bisa disesuaikan dengan bahan aktif apa saja yang sekiranya cocok mengatasi masalah kulit. Agar terhindar dari iritasi, cobalah untuk melakukan test patch terlebih dahulu sebelum memakai.

baca juga: Wajah Sehat dan Cerah! 7 Rekomendasi Serum untuk Menghilangkan Dark Spot

Tidak ada komentar