Ladies Wajib Tahu, Begini Cara Menghitung Ukuran Bra Wanita yang Tepat

Bra memiliki peran yang penting bagi wanita, jadi ladies wajib tahu cara menghitung ukuran bra wanita yang tepat. Tidak hanya berfungsi sebagai penyangga payudara, pakaian dalam ini bermanfaat untuk menjaga payudara tetap kencang dan sehat.

Pada payudara yang ukurannya cenderung besar, bra bahkan dapat membantu mengurangi keluhan nyeri punggung serta memperbaiki postur tubuh. Dan semua manfaat ini bisa kamu rasakan apabila bra yang dipakai ukurannya memang tepat. Bagaimana cara memilihnya? Yuk simak.

Ladies Wajib Tahu, Begini Cara Menghitung Ukuran Bra Wanita yang Tepat


Cara Memilih Bra yang Tepat


1. Mengukur Ukuran Bra

Untuk menentukan bra yang tepat, pertama-tama kamu perlu mengukur lingkar bawah payudara. Gunakan pita pengukur atau meteran untuk membantu mendapatkan ukuran yang tepat. Secara umum, dari pengukuran ini akan diperoleh hasil antara 32-40 inchi atau 60-105 cm.

Ukuran bra standar yang dijual di pasaran umumnya terdiri dari hitungan angka genap mulai dari 30-40. Ukuran bra 30 untuk lingkar 63-67 cm, ukuran 32 untuk 68-72 cm, ukuran 34 untuk 73-77 cm, ukuran 36 untuk 78-82 cm, ukuran 38 untuk 83-87 cm, dan ukuran 40 untuk 88-92 cm. 

Jika kamu mendapatkan hasil yang tidak bulat atau ganjil, maka kamu bisa membulatkannya atau tambahkan satu cm untuk mendapatkan angka genap. Apabila pengukuran dilakukan dalam inchi, cara mudah menentukan ukuran bra yaitu dengan menambahkan angka 4 untuk nilai genap dan angka 5 untuk nilai ganjil.

Contoh cara menghitung ukuran bra wanita yang tepat dalam inchi yaitu misal kamu mendapatkan nilai 32. Itu berarti kamu perlu menambahkan angka 4, sehingga ukuran 36 adalah bra yang sesuai untukmu. Mudah bukan?


2. Menentukan Ukuran Cup Bra

Setelah mengetahui ukuran lingkar bawah payudara, kamu juga perlu mengukur lingkar atas payudara untuk menentukan ukuran cup bra. Karena ukuran cup bra ini yang tepat dapat diketahui dari mengurangi ukuran lingkar atas dengan lingkar bawah payudara. Jadi lazimnya lingkar atas payudara yang diukur sejajar puting akan lebih besar dari lingkar bawah yang diukur sejajar tulang rusuk.

Ukuran cup bra sendiri tersedia mulai dari AA, A, B, C, D, hingga DD. Adapun ketentuannya yaitu cup bra AA untuk ukuran < 2,5 cm, cup A = 2,5 cm, cup B = 5 cm, cup C = 7,5 cm, cup D = 10 cm, dan cup DD = 12,5 cm. 

Sebagai contoh cara menghitung ukuran bra wanita yang tepat, kamu memperoleh ukuran lingkar atas payudara sebesar 90 cm dan lingkar bawah payudara sebesar 85 cm. Itu berarti ukuran cup bra yang tepat buatmu adalah cup B.

Ladies Wajib Tahu, Begini Cara Menghitung Ukuran Bra Wanita yang Tepat



3. Pilih Berdasarkan Jenis Payudara

Tidak hanya memiliki cup dan ukuran yang berbeda-beda, bra kini hadir dalam berbagai model. Perlu diketahui bahwa jenis payudara yang kamu miliki akan mempengaruhi kenyamanan pemakaian bra model tertentu, sehingga hal tersebut tidak boleh diabaikan begitu saja.

Misalnya untuk payudara yang jenisnya memiliki jarak berjauhan di antara keduanya atau puting mencuat ke arah luar, ini bagus memakai model sport bra karena dapat membuat payudara terlihat lebih penuh dengan mendorongnya ke arah dalam. Dan jika memiliki bentuk yang ramping dan kecil, kamu bisa mencari bra dengan padding atau bantalan agar terlihat lebih padat.


Itu dia cara menghitung ukuran bra wanita yang tepat dan cara memilih jenisnya, tidak sulit bukan? Kalau kamu memakai bra dan terdapat lipatan lemak pada bagian pakaian dalam tersebut, itu berarti kamu memilih bra yang terlalu kecil. Jadi pastikan mulai sekarang kamu memilih ukuran yang tepat demi kesehatan payudara.

baca juga: 7 Daftar Warna Jilbab yang Cocok dengan Baju Warna Ungu

Tidak ada komentar