Apa Itu Dark Spot pada Wajah dan Cara Mengatasinya, Coba Sekarang Juga

Punya noda hitam pada wajah? Bintik hitam pada wajah atau dark spot timbul karena melanin memproduksi pigmen kulit secara berlebihan. Hal ini terjadi akibat paparan sinar matahari atau pemakaian obat-obatan. Biasanya, bintik muncul di permukaan kulit wajah seperti hidung, pipi dan dahi.

Selain wanita, flek hitam juga bisa dijumpai pada pria. Meski tidak berbahaya, tetapi kondisi ini membuat banyak orang merasa kurang percaya diri. Tidak perlu khawatir karena dark spot kerap memudar dalam waktu 6-12 bulan. Anda juga perlu mengetahui beberapa cara mengatasinya seperti berikut.

Apa Itu Dark Spot pada Wajah dan Cara Mengatasinya, Coba Sekarang Juga


Tips Ampuh Mengatasi Dark Spot pada Wajah

1. Pakai Retinoid

Perlu diketahui bahwa retinoid ampuh menghilangkan noda hitam serta tanda-tanda penuaan lainnya. Zat ini juga mampu mempercepat pengelupasan kulit, meningkatkan pergantian sel serta mendorong pertumbuhan kulit. Retinoid juga mampu membuat kulit lebih sensitif terhadap sinar matahari serta kekeringan.

Jika anda memakai retinoid, jangan lupa tambahkan pelembab dan tabir surya setelahnya. Bisa juga memilih produk retinoid dengan kandungan pelembab dan sunscreen. Anda bisa memilih produk sesuai kebutuhan kulit dan preferensi. Akan tetapi, zat retinoid sangat tidak disarankan untuk penggunaan jangka panjang.


2. Aplikasikan Hidrokuinon

Hidrokuinon juga bermanfaat mengatasi flek hitam. Meski aman, tetapi penggunaannya perlu dibatasi untuk menghindari adanya masalah kesehatan. Krim serta serum juga lebih dianjurkan untuk penggunaan jangka pendek. Hentikan pemakaian jika mengalami gejala iritasi, penggelapan kulit atau efek lainnya.


3. Eksfoliasi atau Chemical Peeling

Eksfoliasi kimia atau chemical peeling termasuk salah satu cara ampuh mengatasi dark spot. Bahan kimia seperti AHA, BHA, asam azelaic, asam salisilat, asam mandelat dan asam laktat di dalamnya mampu memecah sel kulit mati pada wajah. Dengan begitu, warna kulit lebih rata dan dark spot memudar.

Namun, chemical peeling tidak boleh dilakukan terlalu sering karena menyebabkan iritasi dan peradangan. Apalagi bagi kulit sensitif, penggunaan chemical peeling membuat kulit semakin sensitif serta menimbulkan efek samping lainnya. Anda dapat mempertimbangkan penggunaan skincare eksfoliasi yang mild atau khusus kulit sensitif.


4. Jaga Hidrasi

Dehidrasi atau kurangnya hidrasi ialah salah satu penyebab dark spot yang masih jarang diketahui. Terlebih lagi, dark spots lebih berisiko menimbulkan masalah kulit seperti flek hitam. Oleh sebab itu, usahakan anda memenuhi cairan tubuh setiap harinya dengan minum air putih sekitar 2 liter per hari.


5. Perawatan Herbal

Flek hitam juga dapat diatasi dengan kandungan alami di sekitar seperti lemon, tomat, aloe vera, bawang, yogurt, kunyit dan green tea. Meski sudah ditemukan, hasil perawatannya memang tidak secepat medical treatment. Beberapa diantaranya juga bisa menyebabkan efek samping atau alergi sehingga sebaiknya melakukan test patch terlebih dahulu.


6. Mikrodermabrasi

Adapun cara paling ampuh yakni mikrodermabrasi dimana dokter menyemprotkan kristal-kristal halus pada wajah dan menggosoknya dengan alat khusus dengan lembut untuk mengikis sel kulit mati akibat noda hitam. Setelah itu, kulit mengalami kemerahan sementara dan noda hitam pun perlahan memudar.

Apa Itu Dark Spot pada Wajah dan Cara Mengatasinya, Coba Sekarang Juga


7. Perawatan Laser

Ingin hasil lebih cepat? Laser treatment mampu menghilangkan flek hitam pada wajah dengan menggunakan energi cahaya pada satu titik kulit hiperpigmentasi dan menghilangkannya selapis demi selapis. Sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter kecantikan terlebih dahulu untuk mengantisipasi efek samping.

Demikian penjelasan mengenai apa itu dark spot dan cara mengatasinya yang ampuh. Anda bisa mencoba salah satu diantaranya sesuai keinginan, lifestyle, kebutuhan kulit dan dana. Sebab, setiap orang memiliki kondisi kulit yang berbeda sehingga perawatannya pun tidak sama seperti medical treatment, herbal treatment atau skincare.

Tidak ada komentar