Jangan Keliru, Berikut Ini Urutan Skincare Yang Benar untuk Pemula

Rangkaian skincare sangat dibutuhkan untuk memperoleh kulit yang sehat, cerah serta awet muda. Pemula wajib mengetahui urutan skincare yang tepat agar penggunaannya berdampak optimal bagi kulit. Sebab, penggunaan yang tidak tepat dapat mengurangi efektivitas produk skincare yang digunakan.

Dengan begitu, anda memperoleh kulit yang bersih serta sehat. Anda bisa menjaga kesehatan kulit dengan rutin mengaplikasikan produk perawatan kulit pada wajah.  Kulit pun bebas dari jerawat, noda hitam dan kusam. Berikut ini urutan skincare yang benar untuk pemula.

Jangan Keliru, Berikut Ini Urutan Skincare Yang Benar untuk Pemula


Tahapan Penggunaan Skincare yang Benar

baca juga: Ini Perbedaan Kulit Kuning Langsat dan Sawo Matang, Kenali Warnanya

1. Mencuci Wajah dengan Facial Wash

Hal pertama yang perlu dilakukan yang dengan memberikan wajah dari minyak dan debu dengan facial wash. Sebaiknya mencuci wajah minimal sehari yakni pada pagi serta malam hari. Gunakan teknik double cleaning dalam membersihkan wajah agar kotoran terhempas lebih maksimal.

Adapun double cleansing dilakukan untuk memastikan wajah benar-benar bersih dari kotoran yang tersisa. Sebelum mencuci wajah, sebaiknya memakai produk pembersih berbahan dasar minyak atau milk oil cleanser kemudian micellar water. Pilihlah produk sesuai tipe kulit seperti kering, berminyak, kombinasi dan sensitif.


2. Menggunakan Toner

Setelah facial wash, anda bisa menggunakan toner untuk memberikan lapisan awal sebelum memakai produk skincare berikutnya. Produk ini dapat mengembalikan pH kulit anda menjadi normal sehingga kulit siap memakai produk skincare selanjutnya. Hal ini bisa disesuaikan dengan jenis kulit anda.

Jika anda menghadapi masalah jerawat, gunakan toner dengan kandungan BHA seperti asam glikolat atau asam laktat. Kandungannya tersebut mampu mencerahkan wajah karena dapat membuka pori-pori kulit sekaligus mencegah jerawat. Untuk kulit, sebaiknya gunakan toner dengan kandungan AHA.


3. Mengaplikasikan Serum

Kemudian, anda bisa mengaplikasikan essence atau serum untuk menutrisi kulit agar tampak lebih sehat. Terlebih lagi, kini hadir berbagai serum yang menawarkan formula khusus untuk mengatasi berbagai masalah kulit seperti jerawat, kulit kering, kusam dan kerutan. Anda bisa menepuk wajah secara perlahan setelah mengaplikasikan serum agar cepat menyerap ke dalamnya.


4. Memakai Spot Treatment

Flek hitam atau noda pada wajah menjadi salah satu tanda penuaan kulit yang bisa diatasi. Anda bisa memakai spot treatment atau krim penghilang noda hitam. Perlu diketahui bahwa noda hitam diakibatkan oleh peradangan kulit sehingga membutuhkan pemakaian skincare yang tepat.

Jangan Keliru, Berikut Ini Urutan Skincare Yang Benar untuk Pemula


5. Menggunakan Krim Mata

Kulit di area matang cenderung lebih tipis serta sensitif sehingga menyebabkan kulit rentan terkena penuaan kulit seperti bengkak, gelap dan kerutan. Tidak perlu khawatir karena anda bisa memakai krim mata untuk mencerahkan, menghaluskan serta mengencangkan area tersebut.


6. Meratakan Pelembab

Setelah serum, pelembab atau moisturizer bisa digunakan untuk melembabkan wajah. Pilihlah produk pelembab sesuai tipe wajah. Jika kulit kering, sebaiknya memakai pelembab dengan tekstur krim. Bagi pemilik kulit berminyak, gunakan pelembab bertekstur gel atau cair.


7. Memakai Sunscreen

Berikut ini urutan skincare yang benar untuk pemula selanjutnya yakni sunscreen. Produk skincare ini sangat penting untuk melindungi kulit dari bahaya sinar matahari serta UV. Sunscreen sendiri tersedia dengan berbagai jenis mulai dari SPF 15-50. Anda bisa memakainya sesuai kebutuhan. Biarkan selama 15-30 menit agar sunscreen menyerap dengan sempurna.

Berikut ini urutan skincare yang benar untuk pemula agar mendapatkan kulit wajah yang cerah dan bebas jerawat. Mulai dari double cleansing, facial wash, toner, serum hingga sunscreen perlu disesuaikan dengan kondisi kulit. Dengan begitu, fungsi produk bekerja dengan maksimal.


Tidak ada komentar