Ini Perbedaan Kulit Kuning Langsat dan Sawo Matang, Kenali Warnanya


Mengenal warna kulit ialah kunci utama dalam menentukan produk kecantikan dan fashion yang tepat. Ada dua tipe warna kulit yang sering dijumpai di Indonesia yakni kuning langsat dan sawo matang. Kedua warna kulit tersebut memiliki karakteristik unik yang dapat dibedakan.

Namun, tidak sedikit juga orang paham mengenai perbedaan keduanya. Dengan begitu, anda semakin mudah memilih pakaian atau makeup yang pas dengan warna kulit. Sebab, tidak semua warna cocok dengan warna kulit anda. Sebelumnya, anda perlu mengenali perbedaan kulit kuning langsat dan sawo matang seperti di bawah ini.

Ini Perbedaan Kulit Kuning Langsat dan Sawo Matang, Kenali Warnanya


Perbedaan Kulit Sawo Matang dan Kuning Langsat

baca juga: Mengenal Apa Itu Basic Skincare dan Cara Menggunakannya

1. Warna

Warna kulit sawo matang cenderung berwarna kecoklatan serta memiliki perpaduan antara kuning dan coklat sehingga menghasilkan warna yang eksotis dan hangat. Warna ini sering kali tampak berkilau dan bercahaya. Maka dari itu, para pria suka warna kulit ini karena membuatnya tampak lebih maskulin dan gagah. Berbeda dengan warna kulit kuning langsat yang mirip buah langsat dan berwarna kuning kecoklatan.


2. Pengaruh Sinar Matahari

Jika terkena sinar matahari selama 40-60 menit, kulit kuning langsat berubah warna menjadi kecoklatan. Sebab, pemilik kulit memiliki pigmen pheomelanin yang lebih dominan. Hal ini berfungsi untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Sementara itu, pemilik kulit sawo matang membuat kulit lebih gelap.


3. Proteksi Sinar Matahari

Anda juga bisa mengenali perbedaannya dari kemampuan kulit dalam melindungi diri dari sinar matahari. Kulit sawo matang memiliki lebih banyak pigmen atau melanin yang memberi warna pada rambut, mata dan kulit. Melanin sendiri diproduksi oleh sel-sel melanosit yang berada di lapisan epidermis kulit.

Melanin inilah yang melindungi kulit dari sinar UV dengan menyerapnya. Sehingga, kulit sawo matang lebih kecil terkena resiko kanker kulit atau kulit terbakar. Hal ini tentu berbeda dengan kulit yang lebih putih seperti warna kulit kuning langsat. Oleh sebab itu, warna kulit kuning langsat lebih cepat terbakar matahari.


4. Kadar Minyak

Kegiatan kelenjar minyak pada kulit kuning langsat biasanya agak lebih tinggi daripada kulit putih. Oleh sebab itu, kulit cenderung lebih berminyak karena sebum yang dihasilkan mengandung lebih banyak trigliserida atau lemak yang membuat kulit terasa lebih berat serta berminyak.


5. Resiko Masalah Kulit

Selain berminyak, kulit kuning langsat juga rentan akan jerawat karena memproduksi sebum yang banyak. Sehingga, sebum berlebih tersebut menyumbat pori-pori yang memudahkan pertumbuhan bakteri penyebab jerawat. Sementara itu, resiko masalah kulit yang dihadapi kulit sawo matang ialah mudahnya terkena hiperpigmentasi daripada kulit kuning langsat.

Sebab, kulit sawo matang juga membutuhkan lebih banyak melanin untuk melindungi diri dari sinar matahari. Akan tetapi, kelebihan melanin inilah yang membuat kulit sawo matang rentan akan hiperpigmentasi. Berbeda dengan kulit kuning langsat yang bebas dari adanya hiperpigmentasi.

Ini Perbedaan Kulit Kuning Langsat dan Sawo Matang, Kenali Warnanya


6. Perawatan

Oleh sebab itu, sangat penting untuk merawat kulit sebagai pencegahan dari adanya resiko masalah kulit. Kulit sawo matang lebih membutuhkan perlindungan matahari untuk mencegah adanya penuaan dini serta resiko kanker kulit. Sedangkan kulit kuning langsat membutuhkan perlindungan ekstra dari sinar matahari untuk mencerahkan kulit.

Demikian penjelasan mengenai apa saja perbedaan dari kulit kuning langsat dan sawo matang yang perlu diketahui. Anda bisa mengenalinya dari aspek warna, pengaruh paparan sinar matahari, kadar minyak, resiko masalah kulit, hingga perawatan yang dibutuhkan. Kini, anda sudah mengetahui perbedaan kedua warna kulit sehingga mudah untuk mencari warna apa saja yang cocok untuk disandingkan.


Tidak ada komentar