Ini Dia Manfaat Minyak Zaitun untuk Rambut, Jarang Diketahui

Penggunaan minyak zaitun memang tidak setenar manfaatnya. Padahal, anda bisa memperoleh banyak khasiat dari minyak zaitun untuk merawat rambut serta kulit kepala. Minyak ini disebut sebagai bahan alami yang memiliki beragam manfaat bagi kecantikan serta kesehatan.

Kandungannya kaya akan nutrisi dan sifat antioksidan sehingga cocok digunakan sebagai langkah perawatan rambut alami sehingga rambut tampak kuat, sehat dan indah. Hal ini berkat asam palmitat, asam oleat dan squalene di dalamnya. Ini dia manfaat minyak zaitun untuk rambut yang bisa anda peroleh.

Ini Dia Manfaat Minyak Zaitun untuk Rambut, Jarang Diketahui


Manfaat Minyak Zaitun untuk Rambut

baca juga: Jangan Keliru, Berikut Ini Urutan Skincare Yang Benar untuk Pemula

1. Lebih Berkilau

Perlu diketahui bahwa pertambahan usia dan gaya hidup menyebabkan kadar keratin rambut menurun. Sehingga, rambut lebih sulit diatur dan kering. Keratin sendiri ialah protein alami rambut yang berguna untuk melindungi sel rambut agar tetap sehat. Selain itu, keratin dapat melindungi sel rambut agar tetap sehat.

Khasiat minyak zaitun sendiri membuat rambut terlindungi dari kerusakan berkat kandungan emolien. Sehingga, kilauan alami rambut tetap terjaga dengan baik. Kandungan minyak zaitun juga diperkaya dengan senyawa yang bersifat antioksidan sehingga mencegah rambut kusam serta kering akibat paparan sinar matahari.


2. Lembab

Bagi anda yang memiliki rambut kering dan mudah kusut, sebaiknya memakai produk dengan kandungan minyak zaitun. Sebab, bahan ini membuat rambut menjadi lebih lembab dan sehat. Kandungan emoliennya mampu mengunci kelembapan kulit kepala sehingga tidak cepat kering atau terkelupas.


3. Rambut Tebal

Ini dia manfaat minyak zaitun untuk rambut selanjutnya yakni membuat rambut tebal. Hal ini karena minyak mampu merangsang pertumbuhan rambut serta menebalkan rambut karena adanya vitamin E yang mendorong pertumbuhan. Minyak zaitun juga mampu meningkatkan jumlah folikel rambut sehingga rambut tumbuh lebih tebal.


4. Bebas dari Kutu Rambut

Minyak buah zaitun juga membantu menghilangkan kutu rambut karena dapat merusak epitel kutu atau sel pelindung tubuh kutu. Dengan begitu, minyak dapat merusak sel epitel kutu secara perlahan. Hal ini tidak langsung membunuh kutu secara perlahan. Sifat anti inflamasi di dalamnya juga mampu meredakan peradangan serta iritasi pada kulit kepala.


5. Mengurangi Ketombe

Ketombe merupakan masalah pada rambut yang dialami oleh sebagian besar orang. Hal ini ditandai dengan munculnya serpihan-serpihan kulit kering yang berwarna putih dan tersebar di rambut. Hal inilah yang menyebabkan kulit kepala menjadi gatal serta berminyak. Anda bisa membasmi jamur penyebab ketombe serta meredakan peradangan dengan minyak zaitun.

Ini Dia Manfaat Minyak Zaitun untuk Rambut, Jarang Diketahui


6. Membuat Rambut Mudah Ditata

Minyak zaitun untuk rambut juga bisa dimanfaatkan untuk mencegah masalah rambut kusut serta susah ditata. Rambut kusut biasanya terjadi karena batang rambut terlalu kering. Anda bisa menggunakan sedikit minyak zaitun pada rambut lalu ratakan serta sisir rambut. Rambut menjadi lebih lembut dan mudah ditata.


7. Mengurangi Gejala Psoriasis

Psoriasis ialah penyakit kulit kepala yang ditandai dengan bercak merah bersisik pada kulit kepala yang menyebabkan rasa gatal serta sensasi panas pada kulit. Pelembab alami seperti olive oil mampu melembutkan kerak tebal yang melekat pada kulit kepala sehingga kerak kepala mudah dihilangkan. Minyak zaitun juga meredakan gejala perdagangan serta rasa gatal pada kulit kepala.

Ini dia manfaat minyak zaitun untuk rambut yang perlu diketahui. Anda bisa mencari produk dengan kandungan minyak zaitun untuk mendapatkan khasiatnya seperti shampoo dan conditioner. Kemudian, gunakan pada kulit kepala dan rambut secara rutin agar rambut berkilau, sehat, dan cantik.


Tidak ada komentar