Cara Efektif Agar Rambut Tidak Rontok

Rambut menjadi salah satu mahkota bagi kaum wanita. Tidak hanya wanita, laki-laki juga perlu menjaga bagian tubuh yang satu ini. Untuk bisa menjaganya tetap sehat, kamu bisa melakukan beberapa perawatan secara rutin.  Ada banyak cara efektif agar rambut tidak rontok. Kamu perlu mempraktekkan seluruh cara perawatan dan menutrisinya.

Rambut rontok sebenarnya suatu hal yang wajar. Dalam satu hari, normalnya rambut rontok yaitu sebanyak 100 helai dan akan tumbuh kembali. Namun ketika rambut yang rontok sangat banyak atau melebihi 100 helai maka rambut Kamu sedang rusak. Berikut adalah cara yang bisa dilakukan untuk mencegah rambut rontok dalam jumlah banyak!

Cara Efektif Agar Rambut Tidak Rontok


Cara Mencegah Rambut Rontok

baca juga: Ini Cara Yang Benar Untuk Mengetahui Undertone Kulit, Perhatikan Urat Nadi

1. Memilih Tatanan Rambut yang Tepat

Tatanan rambut memberikan pengaruh yang cukup penting terhadap kondisi dan kesehatannya. Oleh karena itu, kamu harus memperhatikannya dengan benar. Kebiasaan mengepang dan juga mengikat rambut yang terlalu kencang mampu menyebabkan akar rambut menjadi tertarik dan kemudian rontok atau bahkan patah.

Selain itu, Kamu juga perlu menyisir rambut dengan benar. Sisir rambut dengan perlahan dan lembut mulai dari bagian atas hingga ujung. Tambahkan protein rambut agar proses menyisir bisa dilakukan dengan lebih mudah. Rambut yang sering disisir tentu tidak akan kusut sehingga mampu meminimalisir kemungkinan terjadinya kerontokan.


2. Menggunakan Shampo Anti Rontok

Cara efektif agar rambut tidak rontok berikutnya yang bisa dilakukan yaitu dengan menggunakan produk shampo khusus anti rontok. Langkah ini dianggap sebagai suatu strategi untuk menjaga kesehatan dan menutrisi rambut. Ketika Kamu memilih sampo, jangan dilakukan dengan sembarangan. Semua membutuhkan pertimbangan dan pemilihan produk paling terbaik.

Salah satu rekomendasi yang bisa digunakan yaitu dengan menggunakan sampo khusus. Shampo tersebut harus diisi dengan formula khusus dari bahan alami agar rambut tidak mudah rusak. Pilihlah produk shampo yang dilengkapi kandungan-kandungan ringan sehingga tidak mengakibatkan terjadinya kerusakan pada rambut ketika digunakan dalam jangka panjang.


3. Menghindari Pewarnaan Rambut

Penggunaan bahan kimia tentu memberikan efek yang kurang baik terhadap kesehatan rambut. Jadi, Kamu perlu menghindari penggunaan cat warna yang bisa merusak keratin rambut. Hilangnya keratin ini mampu menyebabkan rambut kehilangan kekuatannya, terasa kasar, menipis dan bahkan rentan rusak karena terlalu panas.

Ketika rambutmu sudah sering rontok, maka akan lebih baik jika menghindari penggunaan bahan kimia seperti yang ada pada pewarna rambut ini. Namun jika tetap ingin mewarnai rambut, pilihlah produk yang diformulasi dengan menggunakan bahan alami. Jangan terlalu sering melakukan pewarnaan rambut sebagai cara efektif agar rambut tidak rontok.

Cara Efektif Agar Rambut Tidak Rontok


4. Keringkan Rambut dengan suhu Rendah

Terakhir, Kamu bisa mengeringkan rambut dengan menggunakan suhu rendah. Jika menggunakan hair dryer dengan suhu terlalu panas, maka akan mudah membuat rambut menjadi kering dan mudah patah. Selain itu, penggunaan alat pengeriting dan juga pelurus rambut juga mengakibatkan rambut mengalami kerusakan atau kehilangan kelembabannya.

Untuk memastikan agar kulit kepala tetap sehat, maka cara efektif agar rambut tidak rontok yaitu dengan menghindari penggunaan pengering dengan suhu terlalu panas. Tatalah rambut dengan menggunakan alat yang aman dan tidak terlalu membahayakan. Pemilihan peralatan untuk perawatan rambut juga perlu dilakukan dengan teliti dan penuh pertimbangan.

4 tips yang disebutkan diatas merupakan cara yang paling ampuh untuk bisa menjaga kondisi rambut. Masalah rambut rontok tidak akan lagi membuat Kamu pusing. Namun untuk tetap memastikannya dalam kondisi yang sehat, memberinya nutrisi dan merawatnya dengan baik perlu dilakukan dengan rutin dan penuh kesabaran.


Tidak ada komentar