Ini Perbedaan Moisturizer dan Pelembab yang Harus Kamu Tahu

Untuk bisa tampil dengan wajah yang bersih dan mulus, tentu Kamu harus menggunakan rangkaian skincare yang tepat. Salah satu jenis produk yang perlu digunakan yaitu moisturizer. Namun sayangnya hingga saat ini masih banyak wanita yang belum memahami perbedaan moisturizer dan pelembab. Apakah Kamu salah satu diantaranya?

Sebagian orang memang beranggapan bahwa kedua produk skincare tersebut sama dan hanya penyebutannya saja berbeda. Jika dilihat dari segi fungsinya, skincare ini memang diciptakan untuk memberikan kelembaban pada kulit wajah. Wajah akan menjadi lebih lembut dan juga tidak kering ketika menggunakannya. Inilah perbedaan pelembab dan moisturizer yang perlu diketahui!

Ini Perbedaan Moisturizer dan Pelembab yang Harus Kamu Tahu


Perbedaan Pelembab dan Moisturizer

baca juga: Yuk Kenali Apa Itu Concealer, Fungsi dan Cara Menggunakannya yang Benar

1. Kandungan

Perbedaan moisturizer dan pelembab ini paling terlihat dari segi kandungannya. Jika Kamu perhatikan lebih detail, Moisturizer umumnya dilengkapi dengan bahan kandungan aktif seperti glycerol, hyaluronic, glycerin,lactic acid dan sebagainya. Bahan tersebut juga sebenarnya ada pada pelembab namun bukan sebagai bahan utamanya.

Ketika menggunakan pelembab, Kamu akan menemukan beberapa kandungan seperti ceramide, lipid, minyak, butter dan juga asam lemak. Bahan-bahan tersebut bersifat emolien yang berperan untuk mengisi celah pada lapisan sel kulit dan memperbaiki skin barrier. Kandungan tambahan yang biasanya diperoleh dari pelembab ini yaitu vitamin C niacinamide atau retinol.


2. Perbedaan dari Segi Manfaat

Selanjutnya, Kamu bisa mengetahui perbedaan moisturizer dan pelembab ini dari segi manfaatnya. Perlu diketahui bahwa cara kerja moisturizer ini yaitu dengan menghidrasi kulit agar tetap lembab. Produk ini mampu menahan kandungan air yang ada di lapisan kulit sehingga kulit akan lembab seharian. Moisturizer sangat bermanfaat bagi kulit wajah yang kering dan sering dehidrasi.

Sedangkan untuk pelembab, sebenarnya bekerja seperti skin barrier yang memberikan perlindungan pada kulit dari berbagai agresor lingkungan. Selain itu, pelembab juga dapat mencegah kandungan air yang ada dalam lapisan kulit menguap melalui pori-pori.  Pelembab ini umumnya digunakan untuk membantu mengatasi berbagai masalah kulit.


3. Teksturnya

Kamu bisa membedakan moisturizer dengan pelembab ini dari segi teksturnya. Ketika menggunakan moisturizer, Kamu akan menemukan produk skincare yang terasa ringan ketika diaplikasikan pada wajah. Tekstur tersebut akan membuat skincare ini mudah menyerap dengan baik. Proses hidrasi akan berlangsung dalam waktu yang lebih cepat.

Sedangkan untuk pelembab, dilengkapi dengan tekstur lebih kental karena fungsinya untuk memastikan bahwa kandungan air di dalam kulit tidak mudah menguap. Produk ini akan membantu proses pemberian nutrisi pada kulit. Penggunanya lebih cocok diterapkan pada saat malam hari untuk memperlancar proses regenerasi sehingga wajah lebih cerah saat bangun di pagi hari.

Ini Perbedaan Moisturizer dan Pelembab yang Harus Kamu Tahu


4. Waktu Penggunaan

Untuk produk moisturizer ini bisa digunakan kapan saja ketika Kamu merasa kulit kering dan butuh dilembabkan. Tekstur dari moisturizer ini juga lebih ringan dibandingkan dengan pelembab. Produknya cepat menyerap dan mampu menghidrasi wajah tanpa memakan waktu yang lama. Kamu bisa menggunakan beberapa kali dalam waktu seharian.

Kemudian untuk pelembab, biasanya digunakan di malam hari pada step terakhir. Kandungan aktif yang ada pada pelembab ini mampu menutrisi kulit ketika sedang beregenerasi di malam hari. proses regenerasi ini dapat terjadi mulai pukul 23.00 – 04.00. Itulah hal bisa diketahui dari perbedaan moisturizer dan pelembab.

Penggunaan produk ini bisa dilakukan secara bersamaan. Namun kamu harus menggunakan moisturizer terlebih dahulu sebelum pelembab. Dengan begitu maka keduanya akan saling melengkapi dalam menjaga kondisi kulit. Kulit akan bisa menghidrasi dalam waktu yang lebih lama karena ditahan oleh formula yang ada pada produk pelembab.


Tidak ada komentar