Apa itu Kulit Kombinasi, Ciri dan Cara Perawatannya

Merawat kulit menjadi suatu hal yang wajib dilakukan oleh semua orang. Untuk bisa mulai merawatnya, tentu Kamu perlu mengetahui jenis dan juga kondisi wajah saat ini. Pengenalan jenis wajah ini akan membantumu untuk bisa menemukan jenis perawatan yang tepat. salah satu jenis kulit yang membutuhkan perawatan khusus yaitu kulit kombinasi.

Jenis kulit ini memiliki 2 karakteristik secara bersamaan yaitu kering dan berminyak. Cara perawatannya tentu membutuhkan pengetahuan mendalam terkait ciri-ciri dan juga cara perawatannya. Memahami ciri dan perawatan kulit kombinasi akan membuat wajah bisa tetap terlihat bersih dan segar setiap hari. Untuk itu, ikuti pembahasannya berikut ini!

Apa itu Kulit Kombinasi, Ciri dan Cara Perawatannya


Pengertian Kulit Kombinasi

baca juga: Ini Urutan Memakai Sunscreen yang Benar

Sesuai dengan namanya, kulit kombinasi ini merupakan gabungan dari kulit kering dan kulit berminyak. Untuk jenis kulit kering biasanya ada di area mata, pipi dan juga mulut, sedangkan untuk area berminyak ada di T zone atau dagu, hidung dan dahi. Pemilik jeni skulit ini dipengaruhi oleh beberapa faktor yang bisa terjadi oleh siapa saja.

Beberapa faktor tersebut diantaranya disebabkan oleh genetik, lingkungan, dan juga hormon. Selain itu, kondisi kulit kombinasi juga bisa disebabkan oleh stres, produk perawatan dan juga usia. Jika Kamu memiliki kondisi kulit kombinasi maka perlu mengetahui cara perawatannya. Berikut adalah ciri dari kulit kombinasi yang dimiliki seseorang.

Ciri-Ciri Kulit Kombinasi


1. Pori-Pori Besar

Ciri pertama pemilik kulit kombinasi ini yaitu memiliki pori-pori besar dengan kulit mengkilap. Hal ini bisa dikatakan sebagai salah satu ciri utama yang bisa diketahui. Salah satu permasalahan kulit yang sering dialami oleh pemilik kulit kombinasi ini yaitu berkaitan dengan sel-sel kulit mati yang menumpuk dan bahkan menyumbat pori-pori.

Kemudian untuk efek kulit mengkilap tersebut diakibatkan oleh kelenjar sebaceous yang berada di bawah kulit memproduksi sebum dalam jumlah berlebih. Kondisi ini mampu mengakibatkan wajah terlihat sangat mengkilap dan mudah berjerawat.


2. Berminyak di Area Tertentu

Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa pemilik kulit kombinasi ini akan memiliki area wajah berminyak yaitu di T zone, area tersebut meliputi dahi, hidung, hingga dagu. Sedangkan untuk area lainnya akan lebih kering seperti pada bagian mata pili dan juga mulut. Kondisi kulit kombinasi ini biasanya akan terpengaruh dengan cuaca di lingkungan.

Apa itu Kulit Kombinasi, Ciri dan Cara Perawatannya


Cara Perawatan Kulit Kombinasi


1. Rajin Membersihkan Wajah

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk merawat kondisi kulit kombinasi ini yaitu dengan rain membersihkan wajah. Cara ini dapat dilakukan untuk memastikan bahwa kulit selalu dalam kondisi bersih. Kamu bisa memilih menggunakan pembersih muka dan juga toner sebagai double cleansingnya. Memastikan kulit selalu bersih merupakan cara terbaik untuk merawat wajah.

Selain pembersih wajah, Kamu juga perlu menggunakan pelembab dan sunscreen sebagai pelindung dari paparan sinar matahari. Hindari penggunaan produk wajah yang mengandung alkohol untuk perawatan yang terbaik.


2. Melakukan Eksfoliasi

Cara yang tidak kalah penting yaitu dengan melakukan eksfoliasi atau pengangkatan sel kulit mati. Penggunaan produk ini bertujuan untuk menjaga keindahan kulit wajah. Kulit kombinasi membutuhkan produk yang halus dan terhindari dari bahan kimia. Proses eksfoliasi ini bisa dilakukan sebanyak 2-4 kali saja dalam 1 minggu.

Memahami berbagai hal tentang kulit kombinasi memang sangat diperlukan, tujuannya yaitu untuk bisa mendapatkan perawatan yang tepat agar kulit tetap sehat ternutrisi. Pemilihan produk perawatan yang terbaik juga menjadi hal yang perlu dipertimbangkan. Pastikan bahwa produk yang digunakan benar-benar sesuai dengan kebutuhan wajah.


Tidak ada komentar