Apa itu purging pada wajah? ini penjelasannya

Purging menjadi salah satu proses yang akan terjadi ketika Kamu baru saja menggunakan atau mengganti produk skincare. Banyak yang belum mengetahui dengan jelas tentang apa itu purging. Jika diartikan secara singkat, purging ini merupakan istilah untuk pembersihan kulit. Istilah ini biasanya akan mengacu pada penyesuaian kulit yang menyebabkan reaksi tertentu.

Pembersihan kulit ini akan terjadi ketika Kamu mulai menggunakan skincare baru. Tujuan dari proses purging ini yaitu untuk memperlihatkan kondisi kulit yang lebih bersih dan segar. Kulit yang bersih dan segar tentu menjadi idaman seluruh wanita. Itulah mengapa proses ini tetap dilalui oleh seluruh wanita. Berikut adalah penjelasan lebih lengkap terkait purging!

Apa itu purging pada wajah? ini penjelasannya


Pengertian Purging pada Wajah

baca juga: Ini Cara yang Ampuh Agar Rambut Cepat Panjang

Berdasarkan pernyataan dari ahli medical, dapat dipahami bahwa purging ini merupakan suatu reaksi sementara akibat adanya bahan-bahan tertentu yang masuk ke dalam kulit dan mengakibatkan terjadinya resiko kulit kering, jerawat hingga kulit mengelupas. Banyak juga yang mengatakan bahwa purging ini sebagai reaksi kulit akan zat aktif dan juga obat.

Zat aktif yang masuk kedalam kulit tersebut mampu mempercepat laju regenerasi atau terangkatnya lapisan kulit. Beberapa penyebab terjadinya purging ini yaitu bahan aktif eksfoliator seperti AHA, Retinoic Acid, BHA. Zat aktif yang bersifat asam tersebut akan memberikan sinyal untuk mempercepat proses regenerasi pada lapisan kulit bawah.

Perlu dipahami bahwa reaksi kemerahan, muncul jerawat dan sebagainya itu belum tentu dikarenakan oleh skincare yang kurang cocok. Reaksi tersebut dapat terjadi akibat purging ini. Proses purging ini sebenarnya sangat normal dan hanya bersifat sementara. Reaksi yang terjadi biasanya akan memakan waktu hingga 6 minggu dan kemudian kulit menjadi normal.

Setelah mengetahui apa itu purging, Kamu perlu mengetahui juga tentang berbagai ciri yang terjadi setelah pemakaian produk. Pastikan Kamu bisa membedakan antara reaksi purging dan juga iritasi akibat penggunaan skincare. Berikut ciri-ciri yang bisa diketahui


Ciri-ciri Purging pada Wajah

1. Timbul Rasa Gatal

Ciri pertama yang terjadi pada tahap purging yaitu timbulnya rasa gatal. Rasa gatal ini terbilang sangat wajar karena efek reaksi kulit karena adanya deteksi racun pada wajah. Rasa gatal yang dialami ini tidak terlalu para dan bahkan tergolong ringan. Kamu tidak perlu khawatir atau takut rasa gatal akan meradang dan membuat wajah menjadi tidak nyaman.


2. Pengelupasan Kulit

Seperti yang dijelaskan pada pembahasan tentang apa itu purging, Kamu akan mengalami reaksi seperti kulit kering atau bahkan mengelupas. Hal tersebut dapat terjadi karena sel kulit mati akan muncul ke permukaan sehingga menyebabkan kulit kering. Reaksi purging ini akan menempati area wajah yang sudah terkena jerawat sebelumnya. 

Kamu tidak perlu khawatir karena purging ini tidak akan meradang dan menimbulkan jerawat yang mengganggu. Dalam proses yang satu ini, kulit akan dengan cepat bereaksi terhadap bahan aktif sehingga akan terjadi peningkatan pergantian sel kulit. Semakin cepat pergantiannya maka sel kulit mati akan lepas dengan lebih cepat dibanding biasanya.

Apa itu purging pada wajah? ini penjelasannya


3. Timbul Komedo, Beruntusan dan Jerawat

Salah satu hal yang akan terjadi ketika menggunakan skincare dengan bahan aktif ini tentu akan menimbulkan komedo, beruntusan atau bahkan jerawat. Reaksi tersebut sudah sangat biasa sebagai langkah penyembuhan wajah. Itulah hal-hal yang bisa Kamu ketahui tentang apa itu purging dan juga ciri-cirinya.

Melakukan perawatan wajah memerlukan produk-produk yang mengandung bahan aktif tertentu. Oleh karena itu, reaksi yang diberikan juga cukup berpengaruh terhadap kondisi wajah pada sementara waktu. Kamu perlu memiliki pengetahuan tentang perbedaan antara reaksi kulit akibat purging dan juga iritasi bahan kimia untuk menjaga kesehatan wajah.


Tidak ada komentar