Yuk Kenali Apa Itu Concealer, Fungsi dan Cara Menggunakannya yang Benar

Dari sekian banyaknya produk makeup, banyak orang yang sering melewatkan concealer untuk riasan wajah sehari-hari. Padahal concealer ini punya fungsi yang penting lho untuk mendukung tampilan riasan kamu supaya terlihat lebih ideal dan natural.

Concealer sendiri merupakan produk kecantikan yang berfungsi untuk memberikan coverage tambahan di area wajah tertentu, untuk menyamarkan imperfeksi kulit. Namun fungsi concealer tidak terbatas pada satu aspek. Penasaran apa saja? Yuk simak.

Yuk Kenali Apa Itu Concealer, Fungsi dan Cara Menggunakannya yang Benar


Fungsi Concealer

baca juga: Skincare malam jam berapa? ini waktu yang tepat untuk pakai skincare malam hari

Seperti telah disinggung di awal bahwa fungsi concealer tidak terbatas pada satu aspek saja. Kamu bisa menggunakan produk kecantikan ini untuk menutupi bekas jerawat, noda hitam, maupun area kemerahan di sekitar hidung. Jika kamu memiliki mata panda atau lingkaran hitam di bawah mata, kamu pun bisa menggunakan concealer untuk membantu menutupinya. 

Kamu dapat memakai concealer berwarna peach, oranye, atau merah untuk menyamarkan kantung mata tersebut. Warna peach bagus digunakan pada kulit cerah, sementara warna oranye dan merah lebih cocok buat kamu yang punya kulit cenderung gelap.

Selain itu, concealer tetap memiliki manfaat yang besar meskipun kamu tidak punya berbagai permasalahan kulit di atas. Sebab kamu bisa menggunakannya untuk mempertegas fitur wajah. Seperti memperjelas bentuk alis dan eyeliner, hingga memberikan efek lebih cerah di bagian wajah tertentu serta membuat strukturnya lebih menonjol.

Yuk Kenali Apa Itu Concealer, Fungsi dan Cara Menggunakannya yang Benar


Cara Menggunakan Concealer


1. Pilih Sesuai Jenis Kulit

Agar fungsi concealer bisa dirasakan dengan optimal, maka kamu perlu memilih jenis concealer yang tepat sesuai dengan jenis kulit. Karena setiap jenisnya mungkin memiliki tekstur yang berbeda, yang mampu memberikan coverage tahan lama untuk tipe kulit tertentu.

Seperti cream concealer, teksturnya yang pekat mampu memberikan coverage tinggi untuk pemilik kulit kering. Sementara bagi pemilik kulit berminyak bisa mencoba liquid concealer dengan hasil matte. Ini akan membantu menahan minyak di wajah sehingga riasan kamu tidak terlihat mengkilap.


2. Pastikan Kulit Bersih dan Lembap

Sebelum kamu mengaplikasikan concealer, pastikan bahwa kulit sudah bersih dan lembap. Kondisi tersebut dapat membantu memastikan concealer tidak cakey nantinya. Khususnya saat kamu menggunakannya untuk menutupi lingkaran hitam di bawah mata. Sebaiknya oleskan eye cream dan primer terlebih dahulu. jadi concealer tidak akan creasing karena kerutan di sekitar mata.


3. Gunakan Produk Secukupnya

Untuk menutupi noda membandel di kulit seperti noda hitam atau bekas jerawat, kamu mungkin berpikir hendak menggunakan concealer sampai berlapis-lapis. Tapi hal ini sebaiknya dihindari dan gunakan produk secukupnya saja. 

Jika memang noda belum tersamarkan, maka triknya adalah kamu perlu memulai dengan lapisan tipis terlebih dahulu. Baru kemudian menggunakan concealer dengan coverage tinggi untuk menumpuknya.


4. Blend Hingga Halus

Cara menggunakan concealer yang tidak rata akan membuat riasan kamu tampak tidak natural. Jadi pastikan kamu meratakan concealer hingga halus saat menggunakannya. Supaya lebih mudah, kamu bisa memakai concealer brush yang kecil dan presisi untuk pengaplikasian titik tertentu.

Sementara area yang lebar seperti area bawah mata, dagu, dan jidat bisa menggunakan sponge makeup. Ingat, jangan mengaplikasikan concealer dengan diusap atau disapukan. Kamu hanya perlu menepuk-nepuknya agar tidak menggumpal dan mencegahnya retak.


5. Set Menggunakan Bedak

Langkah terakhir, kamu bisa memakai bedak translusen untuk mengunci concealer yang sudah diaplikasikan. Penggunaan bedak tersebut akan membuat concealer kamu lebih tahan lama, bahkan mampu membingkai riasan dengan sempurna sepanjang hari karena concealer tidak akan bergeser.


Nah, mulai sekarang jangan meremehkan penggunaan concealer. Pasalnya produk kecantikan ini punya fungsi yang melimpah dalam membantu menunjang riasan. Terapkan cara di atas untuk mengaplikasikan concealer, maka deretan fungsinya tersebut bisa kamu rasakan dengan optimal.


Tidak ada komentar