Jangan Tertukar, Ini Perbedaan Essence Dan Serum Yang Wajib Kamu Catat

 Serupa tapi tak sama! Secara tampilan dua produk skincare berupa essence dan serum memang mirip. Tapi kalau disimak lebih jauh dari segi fungsi dan kandungan, ternyata perbedaan essence dan serum sangat signifikan. Jangan sampai salah pakai, karena bisa jadi malah merugikan karena tidak mendapatkan hasil yang didapatkan. 

Memang tidak bisa dipungkiri kalau dua produk ini menjadi bagian dari rangkaian skincare. Ada pembersih, toner, eksfoliasi, serum, pelembab, essence, dan lain lain. Setiap produknya memang punya fungsi yang berbeda, jadi harus digunakan dengan tepat agar hasilnya tampak. Kalau dua produk ini juga punya perbedaan dan kemiripan, coba cek ulasan berikut. 

Jangan Tertukar, Ini Perbedaan Essence Dan Serum Yang Wajib Kamu Catat


Pengertian essence 

baca juga: Jangan Panik! ini penjelasan lengkap mengenai purging yang harus kamu tahu

Produk skincare yang satu ini berbentuk cairan, tapi kerap juga berbentuk sedikit kental dengan konsistensi seperti lendir. Dari bentuk ini pula yang menjadi perbedaan utama dari serum. Bisa dikatakan skincare ini lebih cari, dengan kandungan air dan pelembab yang lebih banyak. Alhasil formulasi skincare ini cocok untuk menghidrasi kulit. 

Ketika digunakan, kulit akan terasa lebih basah. Hal ini punya yang membuat essence ini lebih mudah meresap ke dalam kulit. Dari sisi konsentrat, essence punya kandungan 1-2 bahan aktif dengan konsentrat yang cenderung lebih rendah. Dalam artian lain cukup untuk menutrisi kulit tapi tidak sekuat serum. 


Pengertian serum 

Perbedaan essence dan serum paling tampak dari konsentrasi bahan aktifnya. Jika essence lebih cair, serum itu akan lebih kental dengan bahan aktif yang lebih banyak. Karena itulah fungsinya lebih maksimal dan memberikan hasil signifikan untuk kulit. Dari bahan aktifnya sendiri umumnya ada kandungan ceramide, peptides, dan hyaluronic acid. 

Karena serum ini juga punya tekstur yang lebih kental dan pekat, daya serapnya pun cenderung lebih lama. Tapi soal fungsi dan khasiatnya lebih maksimal, bahkan lebih banyak dari essence. Biasanya fungsi ini adalah mengatasi hiperpigmentasi, garis halus, tanda penuaan kulit, dan kulit kusam. 

Jangan Tertukar, Ini Perbedaan Essence Dan Serum Yang Wajib Kamu Catat


Perbedaan utama 

Dari penjelasan tersebut, perbedaan yang paling tampak ada di tekstur dari skincare tersebut. Jika essence berbentuk cair atau sedikit lendir, maka serum lebih kental dan pekat. Karena tekstur ini juga, essence dan serum Tapi secara kemasan, dua produk ini biasanya punya penampilan yang mirip.   

Formulasi dari produk tersebut juga berbeda. Essence itu punya konsentrat bahan aktif yang lebih sedikit, sedangkan serum lebih banyak. Alhasil fungsinya pun lebih banyak serum, bahkan serumpun sering digunakan untuk solusi kulit tertentu. Karena itu, perbedaan essence dan serum pun juga ada di dalam cara penggunaannya. 

Soal cara penggunaan, essence digunakan setelah cuci wajah dan toner. Biasanya essence ini digunakan untuk membantu melembabkan kulit. Sedangkan serum itu digunakan sebagai skincare untuk fungsi khusus. Sebut saja untuk mencerahkan kulit atau untuk meremajakan kulit. Jadi bisa digunakan sebagai tambahan atau bahkan sesuai dengan kebutuhan saja.  


Persamaan yang diberikan

Terlepas dari perbedaan yang signifikan, dua produk ini juga punya beberapa fungsi yang kurang lebih sama yakni untuk menghidrasi kulit. Fungsi formula ini secara tidak langsung dimiliki oleh essence dan serum. Namun dari formulasi dan konsentrasi lainnya, essence memang lebih ringan sedangkan serum lebih kental dengan konsentrat lebih tinggi. 

Setelah tahu perbedaan essence dan serum, semoga kamu ga sampai buat kesalahan fatal karena salah skincare. Ingat, kalau dua produk ini punya fungsi dan kandungan yang berbeda. Kalau salah pakai, risikonya bisa ke kondisi kulit yang semakin bermasalah bahkan luka. Jadi hati hati dan pastikan kamu pilih produk berkualitas.


Tidak ada komentar