Macam-Macam Brush Makeup dan Fungsinya Masing-Masing


Di dunia makeup, brush berperan penting sebagai alat untuk mengaplikasikan riasan. Akan tetapi, kini brush hadir dengan bentuk yang beragam sesuai kegunaannya. Memakai jenis kuas yang tepat membantu anda mendapatkan hasil riasan yang lebih sesuai dan halus. Bagi pemula, tentu cukup membingungkan untuk memakainya.

Terlebih lagi, sebagian besar, brush tampak mirip antara satu sama lain sehingga sulit dibedakan. Sebelum mengaplikasikan riasan, sangat penting untuk mengenali apa saja jenis brush makeup dan kegunaannya. Berikut deretan brush riasan dan fungsinya yang perlu diketahui.

Macam-Macam Brush Makeup dan Fungsinya Masing-Masing


Jenis-jenis Brush Makeup dan Kegunaannya

baca juga: Tutorial Membuat Link Bio IG Aesthetic Pakai Linktree

1. Kuas Blush On

Seperti namanya, kuas blush on dikhususkan untuk meronakan pipi. Kuas ini berbentuk mirip dan sedikit kecil untuk mempermudah memakai blush on pada tulang pipi. Gagangnya juga ramping dan panjang. Kuas perona pipi juga terdiri dari bulu kuas yang tebal agar mampu membubuhkan blush on pada pipi dengan merata.


2. Foundation Brush

Selain perona pipi, foundation juga memiliki kuas khusus untuk memakainya. Jenis kuas ini terdiri dari 2 jenis yakni classic foundation dan buff blending brush. Kuas classic cocok untuk liquid foundie with sheer to medium coverage agar hasilnya lebih glowing. Sementara itu, kuas buff blending diperuntukkan liquid foundie with medium to full coverage.


3. Shading Brush

Shading brush juga memiliki 3 macam yakni flat contour, stippling dan angled shading brush. Flat contour mempermudah penggunaan cream contour sehingga wajah tampak semakin tirus. Stippling brush terdiri dari duo fiber yang mampu memberikan efek soft focus blur sehingga cocok untuk liquid cream. Adapun angled shading berbentuk miring sehingga sempurna digunakan contour hidung.


4. Eye Brush

Eye brush sudah tidak asing lagi bagi perempuan dengan kuasnya yang kecil untuk mempermudah pemakaian eyeshadow pada kelopak mata. Untuk menggunakannya, anda bisa memakai classic eyeshadow untuk area kelopak mata dan blend dengan tapered blending brush agar menyatu.

Gunakan angled shadow brush untuk mengambil warna lebih gelap di area outer corner. Pada bagian bawah mata, pakai inner eyeshadow brush yang berbentuk pipih dan kecil. Terakhir, ambil gel eyeliner dengan kuas eyeliner sebagai sentuhan terakhir. Hasil riasan kelopak mata pun tampak flawless dan cantik.


5. Fan Brush

Pernah lihat kuas seperti kipas? Ternyata, kuas tersebut bernama fan brush yang ketebalan bulunya pipih dan melebar. Fungsi kuasnya pun berbeda-beda sesuai ukuran seperti fan brush kecil untuk memakai highlighter pada bagian tulang pipi atas. Sehingga, wajah tampak lebih tirus dan bold. Sementara itu, kuas fan besar dipakai sebagai finishing membersihkan powder yang tersisa.


6. Lip Brush

Kuas lipstik atau lip brush juga sering dijumpai dengan bentuknya yang tipis dan bulu yang kasar dan keras. Ujung lancipnya memudahkan anda membentuk garis bibir secara presisi dan pas. Bulu kuasnya juga mampu menyempurnakan penggunaan lipstik agar lebih sempurna baik lipstik palet atau stick.

Macam-Macam Brush Makeup dan Fungsinya Masing-Masing


7. Eyeliner Brush

Agar eyeliner tampak on point, anda bisa memakai brush khusus eyeliner dengan ujung bulu yang rata, padat dan kaku. Seperti namanya, kuas ini mampu mengaplikasikan berbagai jenis eyeliner mulai dari bubuk, krim, hingga gel. Winged eyeliner pun mudah dan cepat dibuat berkat ujungnya yang miring.

Bisa disimpulkan bahwa ternyata ada banyak jenis brush makeup yang digunakan sesuai fungsinya masing-masing. Hampir semua kegiatan rias membutuhkan kuas khusus agar hasil riasan tampak rapi dan menawan. Sebelum membeli, sangat penting untuk mengenali bentuk dan cara menggunakan kuas agar tidak salah pakai.

Tidak ada komentar