Ini Ciri-Ciri Skin Barrier Rusak Dan Cara Mengatasinya


Kamu pasti sudah sering melihat pembahasan tentang skin barrier ini di berbagai jenis media sosial. Namun sayangnya, masih banyak yang belum memahami dengan benar apa itu skin barrier, bagaimana jika terjadi kerusakan dan apakah ada cara untuk memperbaikinya. Pertama, kamu harus mengetahui terlebih dahulu ciri-ciri skin barrier rusak.

Setelah itu, kamu bisa mencari tahu tentang bagaimana cara memperbaikinya sesuai dengan jenis kulit. Merawat kulit memang tidak semudah perkiraan, semua membutuhkan proses dan pengetahuan yang memadai. Agar tidak mengalami kerusakan pada skin barrier maka Kamu perlu menyimak ulasan berikut tentang bagaimana ciri dan juga cara mengatasinya!

Ini Ciri-Ciri Skin Barrier Rusak Dan Cara Mengatasinya


Ciri-Ciri Skin Barrier Rusak

baca juga: Ini Cara Cek BPOM Kosmetik Asli Atau Palsu

1. Tekstur Kulit yang Kasar dan Kering

Perlu diketahui bahwa skin barrier merupakan lapisan terluar yang ada pada kulit. Adanya skin barrier ini terbilang cukup penting bagi tubuh untuk memastikan bahwa tidak ada kotoran, infeksi atau radikal bebas dari luar yang masuk ke dalam tubuh. oleh karena itu, Kamu harus benar-benar menjaganya untuk menstabilkan kondisi kesehatan tubuh.

Ciri pertama yang bisa diketahui dari adanya kerusakan pada skin barrier yaitu tekstur wajah yang kering dan juga kasar. Jika kulit mulai bersisik, mengelupas atau tidak rata saat disentuh maka bisa dikatakan bahwa skin barrier Kamu sedang bermasalah. Skin barrier yang bermasalah, biasanya akan membuat cairan dalam kulit menjadi lebih mudah menguap dan berpengaruh terhadap kelembaban kulit.


2. Ruam Kemerahan

Ciri berikutnya yang bisa diketahui yaitu kulit mengalami ruam kemerahan. Jika Kamu terlalu sering melakukan eksfoliasi dengan menggunakan skincare ber kandungan retinol pastinya akan mengalami ruam kemerahan di wajah. Hal inilah yang menjadi ciri-ciri skin barrier rusak. Penyebab dari gejala yang satu ini biasanya karena terjadi proses scrub yang terlalu keras di kulit. Selain itu, bisa juga disebabkan oleh adanya penyakit kulit seperti psoriasis dan rosacea.


3. Kulit Terasa Gatal

Ketika skin barrier mulai terkikis hingga tipis, maka akan lebih mudah menimbulkan efek alergi dan memberikan peluang kuman untuk masuk lebih mudah ke dalam kulit. Itulah mengapa akhirnya Kamu merasakan gatal yang intens pada bagian wajah. Ciri-ciri yang satu ini biasanya akan muncul bersamaan dengan ruam kemerahan yang muncul pada wajah. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kondisi skin barrier yang rusak ini.

Ini Ciri-Ciri Skin Barrier Rusak Dan Cara Mengatasinya


Cara mengatasi Skin Barrier Rusak

1. Menggunakan Moisturizer

Cara paling ampuh untuk memperbaiki skin barrier yang rusak yaitu dengan menggunakan moisturizer. Penggunaan produk yang satu ini mampu menambah kelembaban kulit serta menyegelnya agar tidak menguap. Kamu bisa menggunakan produk moisturizer terbaik setiap hari di siang dan malam hari terutama bagi yang memiliki kulit kering.


2. Mencuci Wajah dengan Menggunakan Sabun dan Air Dingin

Cara mudah berikutnya yang bisa dilakukan yaitu dengan cuci muka menggunakan air dingin dan facial wash yang gentle. Penggunaan sabun cuci yang tepat juga memberikan pengaruh terhadap kesehatan kulit. Jadi pastikan bahwa kamu memilih menggunakan produk yang aman untuk berbagai jenis kulit. Produk sabun yang tidak berbusa lebih disarankan untuk memperbaiki skin barrier rusak.

Menjaga kulit agar tetap lembab dan sehat bukanlah suatu hal yang sulit jika sudah paham dengan baik bagaimana cara menjaga skin barrier. Namun bagi yang skin barriernya sudah terlanjur rusak maka bisa diperbaiki dengan cara-cara yang disebutkan diatas. Kulit pastinya akan kembali sehat terawat jika terus diberikan skincare yang tepat sesuai kebutuhan.


Tidak ada komentar