Ini Cara Cek BPOM Kosmetik Asli Atau Palsu


Dengan semakin sadarnya para wanita akan kesehatan kulit wajah, banyak yang mulai paham bahwa produk make up atau skincare perlu memiliki komponen keamanan terbaik. Namun karena tidak semua orang memiliki pemahaman tentang berbagai kandungan skincare dan make up yang aman, maka acuan terbaiknya yaitu dengan mengecek nomor BPOM. Anda perlu tahu cara cek BPOM kosmetik yang digunakan.

BPOM merupakan badan pengawas obat dan juga makanan yang akan memberikan label keamanan penggunaan produk. Jika skincare atau kosmetik yang kamu gunakan tersebut aman dan layak untuk diedarkan, tentunya akan terdaftar dan memiliki nomor BPOM. Untuk bisa mengeceknya, Kamu bisa mengikuti langkah dan cara yang berikut ini!

Ini Cara Cek BPOM Kosmetik Asli Atau Palsu



Cara Cek BPOM Kosmetik

baca juga: Perbedaan Compact Powder dan Two Way Cake

1. Cek Melalui Situs Resmi

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk melakukan pengecekan Bpom ini yaitu melalui situs resminya. Perlu diketahui bahwa nomor BPOM ini terdiri dari 2 huruf dan 11 angka. Apabila jumlahnya lebih atau bahkan kurang maka hal tersebut perlu dicurigai keasliannya. Kamu perlu berhati-hati karena saat ini banyak penjual skincare yang nakal dan melakukan kecurangan.


Meskipun produk tersebut sedang viral, namun jika tidak dilengkapi dengan nomor BPOM yang jelas maka tidak disarankan untuk dimiliki. Situs resmi yang bisa digunakan untuk cara cek BPOM Kosmetik yaitu https://cekbpom.pom.go.id/. Selain link resmi dari BPOM belum tentu memberikan data yang tepat dan akurat terkait produk kosmetik dan makanan.

Langkah pengecekan yang perlu dilakukan yaitu dengan mencari identitas produk. Dalam halaman awal situs resmi BPOM, Kamu akan diminta untuk memilih mencari produk dengan menggunakan nomor produk, nomor registrasi, bentuk sediaan, komposisi, merk dan juga nama pendaftar. Jika sudah, selanjutnya masukkan nomor registrasi produk yang tertera pada kemasan.

Kemudian, klik tombol pencarian untuk mencari produk kosmetik. Jika produk yang dicari terdaftar dalam BPOM maka akan muncul data lengkap tentang produk sesuai dengan merk dan juga perusahaan pendaftarnya. Pastikan bahwa informasi produk yang muncul sesuai dengan data produk yang dimiliki untuk verifikasi keasliannya.






Ini Cara Cek BPOM Kosmetik Asli Atau Palsu

2. Menggunakan Aplikasi

Perlu diketahui bahwa saat ini BPOM sudah memiliki aplikasi resmi untuk melakukan pengecekan nomor registrasi produk kosmetik dan lainnya. Adanya aplikasi ini tentu akan memberikan kemudahan bagi masyarakat khususnya para wanita untuk mengetahui keaslian dan keamanan dari produk kosmetik yang digunakan setiap harinya.

Aplikasi cek BPOM kosmetik ini bisa didownload melalui play store maupun app store yang ada pada ponsel. Langkah pertama yang perlu dilakukan tentu mendownload aplikasi di smartphone-mu. Proses download aplikasi ini bisa diselesaikan dengan mudah dan cepat karena ukurannya yang tidak terlalu besar. Dengan begitu maka hp juga tidak akan terlalu terbebani dengan adanya aplikasi ini.

Untuk mencari produk yang ingin diketahui maka langkah pertama yang dilakukan yaitu dengan membuka aplikasi dan mencari opsi pencarian. Penggunaan aplikasi  untuk cek BPOM kosmetik ini tidak jauh berbeda dengan yang dilakukan menggunakan situs website resminya. Kamu hanya perlu memasukkan kata kunci yang sesuai jika tidak memiliki informasi lengkap terkait nomor BPOM-nya. 

Melakukan pengecekan BOM ini sebenarnya bisa dilakukan dengan sangat mudah dan cepat. Oleh karena itu, pastikan bahwa produk kosmetik yang kamu gunakan memang benar-benar aman dan terdaftar sesuai dengan aturan edar negara. Penggunaan produk make up atau skincare yang tepat tentunya akan membuat kulit menjadi lebih terawat dan sehat. Apakah kamu sudah melakukan pengecekan nomor BPOM kosmetik yang digunakan?


Tidak ada komentar