Apa Itu Muka Breakout dan Cara Mengatasinya

 Sebagian atau hampir seluruh manusia tentunya pernah mengalami masalah kulit terutama di area wajah seperti munculnya rasa gatal, ruam kemerahan, hingga jerawat di beberapa tempat. Kondisi yang seperti itu merupakan contoh muka breakout. Untuk bisa mengatasi masalah yang seperti ini sebenarnya tidak terlalu sulit jika Kamu sudah mengetahui penyebabnya.

Sebelum jauh-jauh mencari tahu tentang bagaimana cara mengatasinya, Kamu harus tahu dulu pengertian wajah breakout dan bagaimana ciri-cirinya. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi skin barrier ini. Untuk bisa mengetahuinya secara lengkap dan detail, Kamu bisa memahami dan mendalami ulasan dan pembahasan berikut ini!

Apa Itu Muka Breakout dan Cara Mengatasinya


Pengertian Muka Breakout

baca juga: Ini Ciri-Ciri Skin Barrier Rusak Dan Cara Mengatasinya

Breakout wajah merupakan suatu kondisi wajah yang tiba-tiba mengalami iritasi, kemerahan, hingga berjerawat. Kondisi ini umumnya terjadi karena hasil dari hormon atau kelebihan produksi minyak. Produksi minyak berlebih tersebut nantinya akan menyumbat pori-pori dan kemudian menjadi penyebab terjadinya pertumbuhan bakteri serta berakhir menjadi jerawat.

Tumbuhnya bakteri pada wajah mampu menyebabkan terjadinya peradangan di dalam kulit untuk membentuk jerawat kistik, komedo putih hingga jerawat batu. Namun perlu dipahami bahwa setiap kulit manusia itu berbeda karena dipengaruhi oleh faktor genetik yang berperan untuk menentukan bagaimana cara tubuh bereaksi terhadap kondisi kulit. 

Banyak hal yang membuat muka breakout seperti salah satunya yaitu karena stress dan juga kurang tidur. Ketika Kamu sedang stress, maka kortisol atau hormon stress akan ikut meningkat sehingga merangsang kelenjar minyak untuk memproduksi minyak secara berlebihan dan akhirnya menyumbat pori-pori. Hal tersebut juga akan terjadi saat Kamu kurang tidur!

Selain disebabkan oleh hormon, breakout juga bisa disebabkan oleh produk skincare atau kosmetik yang digunakan. Kamu perlu berhati hati dalam menentukan pilihan produk karensa saat ini ada kosmetik atau skincare yang dibuat dengan menggunakan bahan dasar minyak, silikon yang mampu menyumbat pori-pori dan akan menjadi jerawat jika digunakan secara berkepanjangan.

Apa Itu Muka Breakout dan Cara Mengatasinya


Cara mengatasi Muka Breakout

1. Cuci Muka

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk mengatasi muka breakout yaitu dengan cuci muka dan melakukan double cleansing. Pastikan kamu menghapus bekas skin care, debu, minyak dan kotoran lainnya yang ada pada wajah. Gunakan produk pembersih muka dan juga sabun muka yang cocok dan sesuai dengan jenis kulit untuk mendapatkan perawatan terbaik.

Menjaga kebersihan wajah memang perlu dilakukan dengan cara yang satu ini untuk mendapatkan kulit yang sehat terawat. Cuci muka yang baik dan benar juga akan membantu melindungi skin barrier agar tetap sehat sehingga bisa menghalau masuknya berbagai jenis kotoran masuk kedalam tubuh dan mengakibatkan dampak yang buruk seperti kulit kering dan sebagainya.


2. Gunakan Skincare Non-Comedogenic

Selain membersihkan muka, Kamu juga perlu melakukan perawatan wajah dengan menggunakan skincare. Pemilihan skincare yang baik yaitu dilengkapi dengan bahan non-comedogenic. Bahan tersebut memiliki keunggulan yang luar biasa yaitu tidak menyumbat pori-pori penyebab jerawat. Kulit wajah akan ternutrisi dengan baik tanpa ada pori-pori tersumbat.


3. Mengatur Pola Makan

Terakhir, kamu bisa mengatasi masalah muka breakout dengan mengatur pola makan. Jenis makanan yang mampu memicu jerawat diantaranya yaitu ada minuman manis seperti soda, kentang goreng, keripik, sereal dan lainnya. Jenis makanan tersebut dilengkapi dengan glikemik tinggi yang mampu meningkatkan kadar gula darah dan berpengaruh terhadap peningkatan produksi minyak wajah.

Merawat wajah agar tetap sehat dan terawat sebenarnya bisa dilakukan dengan mudah. Kamu hanya perlu menggunakan pembersih muka, menggunakan skincare yang tepat dan juga menjaga pola makan. Meski terlihat simple, namun ketiga hal yang disebutkan diatas tersebut mampu memberikan pengaruh yang besar untuk menjaga kulit agar tidak breakout.


Tidak ada komentar