Dianggap Ribet, Cara Mengatasi Koneksi Anda Tidak Pribadi / Is Not Private Mudah dan Anti Gagal

 Saat lagi urgent dan banyak deadline, tiba-tiba muncul tulisan your connection is not private. Tentu ini sangat mengganggu bukan? Tapi tenang saja, ada banyak cara mengatasi koneksi anda tidak pribadi / is not private yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi hal ini. intip beberapa penyebab dan caranya dibawah ini.




Penyebab Muncul Your Connection Is Not Private

baca juga: Jangan Sampai Terlewat, Ini Dia Cara Membuat dan Membuka File ZIP dan RAR

  1. Adanya Ketidakcocokan Waktu dan Tanggal

Salah satu cara mengatasi koneksi anda tidak pribadi / is not private yaitu menyinkronkan waktu. Ini menjadi penyebab paling umum munculnya tulisan your connection is not private. Adanya ketidakcocokan waktu dan tanggal membuat browser memverifikasi setiap SSL certificate yang telah kamu kunjungi. 


  1. Permasalahan pada Antivirus

Antivirus sering mengalami kendala yang memang sudah dikenal sangat sensitif. Peringatan koneksi anda tidak pribadi / is not private biasanya terjadi ketika antivirus terlalu berlebihan dalam memprotektif keamanan pada koneksi internet. 


  1. SSL/TLS Kadaluarsa 

Penyebab munculnya koneksi anda tidak pribadi / is not private yang lainnya yaitu adanya kemungkinan SSL/TLS yang kadaluarsa. Sertifikat SSL/TLS ini memiliki masa berlaku sekitar setahun dan harus diperbarui agar bisa terus digunakan. 


  1. Permasalahan Pada Browser

Selain ketiga poin diatas, masalah yang tidak kalah sering dialami yaitu permasalahan pada ekstensi browser. Browser yang mengalami kendala pada ekstensinya akan mengganggu dalam proses verifikasi dari sertifikat SSL. 




Cara Mengatasi Your Connection Is Not Private dengan Benar 

  1. Cek Sinkronisasi Waktu

Browser secara otomatis memadukan tanggal dan waktu yang ada pada device kamu sebagai verifikasi valid tidaknya sertifikat SSL. Ketika adanya ketidakcocokan pada tanggal dan waktu, sertifikat SSL akan dianggap tidak valid. Jadi pastikan kamu sudah setting ‘time & language’ pada pengaturan. Klik ‘set time automatically’ agar kamu tidak perlu menggantinya lagi.


  1. Cek Antivirus

Antivirus memiliki cara kerja dengan memblokir sertifikat SSL atau koneksi lainnya yang tidak dikenali. Pastikan kamu menonaktifkan fitur ‘SSL scanning’ sebagai salah satu cara mengatasi koneksi anda tidak pribadi / is not private. Jika sudah selesai, coba kembali browser yang muncul tulisan koneksi anda tidak pribadi tersebut.


  1. Abaikan Error Pada Sertifikat SSL

Google chrome umumnya memberikan pesan error sertifikat SSL, kamu bisa mengabaikannya saja agar mencegah adanya kesalahan klik pada website yang tidak aman. Pesan-pesan ini biasanya cenderung mengganggu dan spam. Pada google chrome kamu bisa memilih properties, kemudian klik ‘target’ dan abaikan semua sampai klik proceed, selesai browser kembali normal. 


  1. Hapus Cache, Riwayat, maupun Cookie

Terkesan sepele, cara mengatasi koneksi anda tidak pribadi / is not private juga bisa dilakukan dengan menghapus cache dan cookie yang berlebihan. Adanya kapasitas berlebihan ini juga bisa menyebabkan terjadi kendala atau error pada browser. Kamu hanya perlu kunjungi history pada google chrome, kemudian klik ‘clear browsing data’. Pastikan history sudah bersih!

Itu dia beberapa cara mengatasi koneksi anda tidak pribadi / is not private yang bisa kamu coba saat mengalaminya. Pastikan juga provider aman dan tidak memiliki kendala sinyal. Jaringan WiFi umumnya dijalankan melalui HTTP,  ini juga bisa memicu terjadinya error pada browser. Coba beberapa cara diatas dan dijamin masalahmu sudah bisa teratasi.


Tidak ada komentar