Terbaru! Cara Membuat Blog Pribadi di Ig untuk Personal Branding

 Blog pribadi di Instagram membawa banyak manfaat bagi penggunanya agar terlihat lebih profesional. Selain berbagi informasi berupa foto dan video, kamu juga bisa memanfaatkannya sebagai ladang uang. Salah satunya yakni dengan memberikan label status di akun dengan blog pribadi yang sangat penting di dunia blogging.

Bagi kamu yang sering menggunakan Instagram, tentu tidak asing lagi dengan Blog Pribadi di bagian profil Instagram. Selain mempercantik profil IG, fitur tersebut juga memudahkan pengunjung untuk menghubungi kontak anda atau mengetahui lebih jauh mengenai pengguna Instagram. Pembuatan blog pribadi di Instagram juga tidak sulit dan hanya membutuhkan beberapa langkah berikut.




Tutorial Membuat Blog Pribadi di Instagram

baca juga: Ternyata Begini Cara Menyematkan / Embed Feed Instagram di Website

1. Masuk ke Akun Instagram

Hal pertama yang perlu dilakukan yakni dengan membuka aplikasi Instagram dan masuk ke profil akun. Jika belum punya, kamu perlu melakukan pendaftaran atau Sign In terlebih dahulu Kunjungi halaman profil dan pergi ke Pengaturan atau Setting untuk menambahkan blog pribadi.


2. Beralih ke Akun Profesional

Di Setting, klik pilihan beralih ke akun profesional. Sebab, penambahan Blog Pribadi di Instagram hanya bisa dilakukan pada akun profesional saja. Klik menu Switch to professional account dan klik kategori Blog Pribadi. Jika sudah, klik Done dan kamu bisa melihat perbedaan akun profilmu.


3. Pilih Business atau Creator

Setelah memilih Personal Blog, kamu perlu memilih antara Creator atau Business. Akun creator Instagram khusus untuk konten creator yang membuat dan berbagi konten secara online untuk mendapatkan uang. Sementara itu, akun bisnis bisa kamu pilih jika akun Instagram digunakan untuk menjalankan usaha.


4. Lengkapi Profil

Selanjutnya, kamu akan diminta untuk melengkapi profil sekaligus Explore Professional Tools. Pastikan profil Instagram memiliki semua informasi yang relevan dan sesuai sehingga seseorang mudah menemukan dan mengikuti akun Instagrammu. Kamu bisa tautkan ke website dan blogmu dilengkapi visual menarik.

Usahakan mencantumkan hashtag agar menarik pengguna dengan minat yang sama. Hal ini membutuhkan 5 langkah terakhir sampai kamu dialihkan kembali ke halaman profil. Di bagian bio, kamu dapat melihat tulisan Personal Blog. Jika sudah, maka proses pembuatan Blog Pribadi berhasil dilakukan.


5. Buat Konten Menarik

Selanjutnya, buatlah konten semenarik mungkin untuk mendorong adanya percakapan dan interaksi. Pastikan konten tersebut menarik baik bagi pengikut lama maupun baru. Maka dari itu, setiap unggahan wajib unik dan berbeda dari yang lain tetapi tetap dengan tema yang sama. Sehingga, pengikut tidak akan segan untuk meninggalkan komentar, likes dan bahkan membagikan unggahan kepada temannya.


6. Tonjolkan Merk

Agar brand lebih menonjol dari merk lain, tetapkan pedoman agar terlihat di semua visual dan sesuai dengan warna merk, font dan sejenisnya. Dengan begitu, anda dapat berkreasi sesuai kreativitas. Pengikut maupun pengunjung juga lebih mudah mengenali brand anda dari ciri khas tersebut.



7. Manfaatkan Iklan

Instagram kini telah menyediakan fitur platform iklan dengan alat analisis yang memudahkan siapapun mengukur data selama periode waktu tertentu. Kamu pun bisa mengoptimalkan kampanye dengan cepat sesuai informasi. Manfaatkan juga iklan berbayar seperti Facebook Ads agar semakin optimal. 

Itulah tutorial membuat Blog Pribadi di Instagram yang bisa kamu coba. Sebelumnya, kamu perlu mengganti akun Instagram menjadi profesional dan atur sebagai Business atau Creator untuk memilih Blog Pribadi. Kemudian, buatlah konten semenarik mungkin untuk memikat lebih banyak pengunjung dan pengikut.


Tidak ada komentar