Ternyata Begini Cara Menyematkan / Embed Feed Instagram di Website

 Menyematkan feed Instagram di website sangatlah penting terutama bagi konten creator. Pengunjung menjadi lebih mudah mengunjungi feed Instagram sekaligus profil Instagrammu. Website pun semakin interaktif karena dapat meningkatkan pengalaman pengunjung. Hanya dengan menambahkan konten postingan Instagram yang menarik, pengunjung semakin tertarik mengunjungi situs web.

Namun, penyematan feed Instagram di situs web bukanlah hal yang mudah dilakukan. Sebab, hal ini membutuhkan keahlian teknologi agar pengunjung bertahan lebih lama di halaman website. Untuk mengetahui bagaimana cara embed feed Instagram di website, simak tutorial di bawah ini.




Langkah-langkah Menyematkan Postingan IG di Website

baca juga: Mudah! Pelajari 10 Coding Html Dasar yang Blogger Wajib Kuasai

1. Gunakan Aplikasi Widget

Dalam menyematkan postingan Instagram di website, kamu membutuhkan fasilitas aplikasi seperti Widget. Setelah membuat akun, tambahkan feed Instagram pada halaman sesuai keinginan seperti berupa grid, slider dan widget kecil. Kemudian, sematkan profil Instagram dan tambahkan hashtag.

Untuk menambahkan postingan, tempelkan nama pengguna mu ke kolom sumber. Kamu pun tidak perlu mendaftarkan akun lagi untuk menambahkannya. Dalam menambahkan tagar, usahakan sesuai dengan konten atau gambar feed. Hal ini efektif meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap brandmu.


2. Saring Postingan Instagram

Kemudian, kamu perlu menyaring atau filter unggan di aplikasi seperti menambahkan konten dengan hashtag. Postingan pun dapat ditampilkan dari penulis hanya dengan menambahkan URL publikasi yang dibutuhkan. Kamu juga bisa mengecualikan unggan dari seseorang, hashtag serta URL tertentu.


3. Masukkan Kode

Setelah feed Instagram dibuat, sematkan di website. Anda perlu memasukkan kode di generator kode Elfsight dengan klik tombol tambahkan ke website dan masuk ke panel admin Elfsight. Setelah daftar atau masuk, feed yang baru dibuat akan terlihat. Kemudian, salin kode semat untuk feed dari pembuat kode.


4. Sematkan di Website

Dalam menyematkan Widget Feed Instagram di website, tempelkan kode tersebut di kolom HTML. Kemudian, buka panel admin di website yang digunakan. Kamu juga bisa mengedit kode HTML sesuai kebutuhan. Perlu dicatat bahwa setiap website memiliki cara khusus untuk menyematkannya. Biasanya, kamu perlu menyematkannya di template website dan ada juga yang membutuhkan jasa editor visual.

Adapun cara yang mudah dan berhasil dilakukan yakni dengan menambahkan dua baris kode pemasangan HTML ke website dengan membuka file HTML dan tempelkan kode semat feed IG di area halaman yang ingin ditampilkan. Lalu, simpan perubahan untuk hasilnya. Kamu juga bisa menambahkannya di homepage sebagai galeri foto. Setelah kode HTML tertempel, seluruh feed Instagram pun akan muncul.




5. Kustom Widget

Postingan Instagram di widget pun akan diperbarui secara otomatis sehingga tidak perlu pergi ke panel admin Elfsight. Agar website tidak terkesan monoton, kamu bisa berkreasi sesuai kreativitas dengan kustom widget Elfsight. Pilihlah template IG yang siap pakai sesuai preferensi dan gaya edit websitemu.

Postingan dari aplikasi pun akan tersajikan dengan rapi dan cantik sehingga dapat menarik banyak pengunjung. Untuk menyesuaikan jumlah kolom, geser sesuai keinginan dan feed IG akan tampil sesuai permintaan. Tambahkan juga elemen seperti nama akun, jumlah postingan, jumlah pengikut dan tombol Follow untuk menonjolkan keunikan akun.

Seperti yang diketahui bahwa blogging merupakan hal yang tidak mudah karena membutuhkan keterampilan, kemampuan dan pengetahuan untuk mengelola website seperti menyematkan feed IG. Kamu bisa mencobanya mulai dari sekarang secara perlahan-lahan. Kemudian, tambahkan beberapa elemen menarik dan edit sesuai keinginan dengan mengatur letak feed, template, grid dan lainnya.


Tidak ada komentar