Mengenal Apa Itu Oksidasi Make Up dan Penanganannya

oksidasi make up


 Kamu pastinya pernah merasa warna make up menjadi berubah dan semakin gelap setelah digunakan seharian. Hal tersebut dapat terjadi karena adanya efek oksidasi make up. Itulah mengapa Kamu perlu mengetahui dengan baik dan benar tentang apa itu oksidasi make up dan cara mengatasi permasalahannya agar tetap bisa tampil cantik natural.

Menciptakan make up yang flawless dan menyatu dengan kulit bisa didapatkan ketika Kamu berhasil menentukan pilihan foundation terbaik. Selain kesalahan dalam pemilihan foundation, oksidasi juga bisa terjadi pada produk make up lain seperti cushion. Untuk bisa mengetahui penjelasannya lebih lengkap, Kamu perlu simak ulasan berikut hingga tuntas!


Pengertian Oksidasi Make Up

baca juga: Dapatkan Hasil Maksimal, Ikuti Urutan Memakai Make Up untuk Pemula Berikut!

Apa itu oksidasi make up? Istilah oksidasi ini dapat diartikan sebagai kondisi dimana alas bedak seperti cushion atau foundation yang digunakan pada wajah menjadi lebih gelap dan abu-abu. Kondisi ini tentunya akan sangat mengganggu penampilan dan juga kepercayaan diri seseorang. Perlu diketahui bahwa oksidasi ini terjadi karena adanya reaksi dari bercampurnya foundation dan juga minyak wajah.

Banyaknya produksi minyak pada wajah dapat mempengaruhi terjadinya perubahan warna foundation dari yang semula terang menjadi lebih gelap. Hal ini tentunya akan menyebabkan terjadinya perbedaan warna kulit antara wajah dan leher. Untuk mengantisipasi dan mengatasi masalah oksidasi ini bisa dilakukan dengan berbagai cara seperti berikut!


Cara Mengatasi Oksidasi Make Up


1. Menggunakan Skincare sebelum Make Up

Setelah mengetahui apa itu oksidasi make up, maka cara pertama yang bisa dilakukan untuk mencegahnya yaitu dengan menggunakan skincare terlebih dahulu. Penggunaan skincare secara teratur terutama sebelum make up mampu membuat kulit menjadi lebih sehat dan terawat. Bahkan produksi minyak pada wajah juga dapat terkontrol dengan baik ketika menggunakan skincare.

Bisa dikatakan bahwa penggunaan skincare ini merupakan sebuah kunci untuk menghidrasi kulit supaya lebih lembab dan memudahkan pengaplikasian make up. Beberapa jenis skincare yang perlu digunakan diantaranya yaitu pembersih muka atau cleanser dan juga toner. Pastikan Kamu juga menggunakan exfoliating toner untuk mengangkat minyak dan sel kulit mati.


2. Gunakan Primer

Tips yang satu ini terbilang sangat penting untuk dilakukan. Tujuannya yaitu untuk memberikan lapisan kulit sehingga foundation tidak langsung menempel pada wajah. Secara mudahnya, primer ini merupakan suatu pembatas atau penghalang bertemunya minyak wajah dengan foundation. Apakah kamu sudah menerapkan penggunaannya? Banyak wanita yang justru mengabaikan dan melewatkan penggunaan primer dalam proses make up.




3. Pemilihan Foundation

Terakhir, untuk bisa mendapatkan hasil make up yang melekat dengan sempurna maka foundation perlu dikocok terlebih dahulu sebelum pemakaian. Hal ini sangat penting dilakukan terutama ketika Kamu menggunakan foundation cair. Tujuannya tentu untuk memastikan bahwa setiap partikel yang ada pada foundation tercampur dengan merata.

Hal tersebut mampu mengurangi kemungkinan terjadinya oksidasi make up. Kamu juga perlu meningkatkan pilihan warna foundation satu tingkat lebih cerah. Ketika terjadi oksidasi, maka wajah tidak akan terlihat sangat berubah dan bisa menyatu dengan warna asli. Itulah langkah yang bisa dipahami tentang apa itu oksidasi make up dan langkah penanganannya. 


Oksidasi ini sangat sering terjadi pada make up wajah. Setelah mengetahui pengertian dan juga langkah pencegahan yang disebutkan diatas diharapkan kaum wanita bisa tampil dengan lebih sempurna dan tahan seharian. Penggunaan produk make up dan skincare base yang tepat mampu mempengaruhi hasil make up yang lebih flawless dan natural.


Tidak ada komentar